Bupati Gorontalo Utara, berikan kuliah umum

Bupati Gorontalo Utara, H. Rusli Habiebie

Kab. Sumedang, Buser Trans,.

Wawasan kebangsaan harus lebih ditumbuhkan dikalangan Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), karena akan membentuk sikap mental dan nasionalisme para calon pengelola aparatur negara di masa mendatang.

Hal tersebut dikatatakan, Bupati Gorontalo Utara, H. Rusli Habiebie, seusai memberikan kuliah umum di kampus IPDN Jatinangor, Sabtu. Menurut dia, pemahaman wawasan kebangsaan merupakan modal untuk melandasi para Praja dalam menjadikan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sebagai harga mati.

Saat ini dan masa mendatang, Negera Indonesia menurut Rusli, sangat membutuhkan sekali para pengelola pemerintahan yang benar-benar memiliki rasa nasionalisme, sikap mental yang luhur akan persatuan dan kesatuan dan memiliki kecintaan yang sangat tinggi terhadap bangsa dan negaranya.

“Nilai-nilai wawasan kebangsaan yang akan dimiliki mereka, akan menumbuhkan sifat jujur, berani berkorban, dan mau berperan aktif dalam kepentingan nasional dan pembangunan bangsa,” jelasnya.

Rusli mengatakan, dia bersama para walikota Provinsi Gorontalo sangat berterimakasih sekali mendapat kesempatan untuk memberikan paparan di depan para Praja IPDN, karena banyak hal yang bisa disampaikan sebagai bekal para Praja.

Para Praja IPDN jika hanya mendapat pelajaran teoritis saja, menurut dia, tentu sangat tidak cukup tanpa diberikan gambaran praktek sebenarnya dalam pengelola pemerintahan khususnya di daerah.

Karena latar belakang dia sebagai usahawan, Rusli berpendapat, bahwa kepada Praja IPDN pun harus dibekali wawasan berwirausaha. Karena menurutnya, jika seorang kepala daerah tidak berwawasan usahawan birokrasi akan dijalankan terlalu ketat, yang akhirnya akan menghambat pengembangan usaha/perekonomian di daerah.

Sebaliknya jika mereka paham akan arti pembangunan perekonomian, menurut H. Rusli Habiebie, maka birokrasi yang sifatnya berbelit justru akan menghambat pengembangan bidang usaha/ekonomi akan dikikis.(Kos/Buser Trans)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s