Tak Mampu Bayar, 80 Ijazah Siswa Ditahan

Posted on Updated on

KULON PROGO—Buser Trans Online

Akibat tak mampu melunasi tunggakan administrasi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif Wates, Kabupaten Kulon Progo menahan sekitar 80 ijazah siswa yang telah lulus. Sunaryo, Kepala Tata Usaha SMK Ma’arif Wates, Selasa lalu mengatakan penahanan ijazah ini sangat dilematis bagi sekolah swasta yang sangat menggantungkan dana dari siswa untuk kelangsungan proses pembelajaran.

“Kami paham, menahan ijazah tidak dibenarkan. Namun bagi sekolah swasta persoalan ini menjadi dilematis, karena semua keberhasilan proses belajar-mengajar harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu jalan, supaya kegiatan sekolah tetap lancar, kami menahan ijazah anak yang lulus tapi belum membayar administrasi sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Sulastri, ibu dari mantan siswa SMK Ma’arif Dian Sejati, warga Dusun Tanggalan, Desa Palihan, Kecamatan Temon, dirinya tidak berani ambil ijazah anaknya karena memiliki tunggakan administrasi sebesar Rp 3.622.000 yang harus dibayar ke pihak sekolah.

“Saya ini hanya pengumpul barang rongsokan, yang pendapatan tiap harinya hanya cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Saya memang tidak mengambil ijazah anak karena tidak punya uang sebanyak itu,” ujar dengan mata berkaca-kaca.

Serupa dengan Sulastri, Darmono warga Kecamatan Temon ini juga mengaku anaknya Riyantono tidak dapat kerja karena tidak memiliki fotokopi yang dilegalisasi dari sekolah. “Tak tahulah, ya gini jadinya. Anak saya kpekso jadi pemulung juga. Saya hanya bisa pasrah, saya ingin sekali anak saya kerja dengan keahlian yang dimiliki, tapi karena kondisi keuangan keluarga, anak saya yang jadi korban,” katanya sambil meneteskan air mata. Cholis

Tinggalkan Balasan

