Ikopin Bekerjasama Dibidang Perekonomian dan Pertanian Dengan Timor Leste

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Ikopin (Institut Manajemen Koperasi Indonesia) melakukan kerjasama bilateral dengan Timor Leste, dalam bidang Perekonomian dan Pertanian.

Diungkapkan Wakil Rektor IKOPIN, Drs. H. Dandan Irawan, Kamis sore di ruang kerjanya, realisasi kerjasama tersebut salah satu adalah dengan menyelenggarakan Pelatihan Perkoperasian dan Pertanian, dilakakukan Ikopin dengan LSM Calileo Timor Leste.
“LSM Calileo Timor Leste, adalah sebuah LSM yang mempunyai sponsor utama dari negara Eropa dan Spanyol, yang berkonsentrasi dalam bidang pertanian,” jelasnya.

Dijelaskan Dandan, negara Tomor Leste hampir 90% masyarakatnya hidup dengan mata pencaharian bertani. LSM Calileo mempunyai keinginan untuk meningkatkan kemampuan pertanian, serta meningkatkan tarap hidup masyarakat mereka.
Dari hasil penelitian mereka, lanjut Dandan, ternyata wadah yang cocok untuk membentuk petani produktif, dan meningkatkan pendapatan mereka lebih condong ke koperasi.

“Dalam program pelatihan ini, Ikopin membuat kurikulum materi perkoperasian, sedangkan untuk materi pertanian dipercayakan kepada BBPP (Balai Besar Pegawai Pertanian),” kata dia.

Kegiatan pelatihan itu sendiri, menurut dia, dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai 21 Desember 2010. Selain materi teori, kepada para peserta pun diberikan praktek lapangan.

Dari kerjasama pelatihan yang baru pertama tersebut, menurut Dindin,  diharapkan para peserta dapat membawa pulang ilmu perkoperasian dan pertanian, untuk diterapkan di negaranya, meski dalam waktu yang cukup singkat. (Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s