Calon Pengantin Wajib Tanam Pohon

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Sekjen Depdagri Diah Angraeni saat menbuka acara penanaman pohon di lingkungna IPDN dalam acra Ulang Tahun KORPRI

Dalam upaya melestarikan penghijauan, dan konservasi lingkungan, para calon pengantin di Kabupaten Sumedang, diwajibkan menanam pohon.

Hal tersbut diungkapkan Sekda Kabupaten

Sumedang, Atje Arifin, Jumat, saat menghadiri peringatan HUT Korpri 2010 di kampus IPDN.

Menurut Atje, untuk menjadikan program tersebut menjadi Perda Kabupaten Sumedang, diperlukan proses sosialisasi untuk menyadarkan mereka akan pentingnya penghijauan.

Dikatakan dia, Pemda Kabupaten Sumedang telah lama melakukan penanaman pohon dalam rangka penghijauan, yang menjadi prioritas terutama di daerah Jatigede karena masih banyak sekali lahan gersang.

“Di daerah Jatigede merupakan daerah resapan air, maka daerah tersebut menjadi prioritas penghijauan, agar tidak ada lagi
lahan yang gersang,” jelasnya.

Agar tidak terjadi dampak lingkungan, menurut Atje, pemerintah daerah pun telah mensosialisasikan agar setiap kali penebangan pohon, harus diimbangi dengan upaya penanaman.

Hal tersebut supaya terjaga keseimbangan, antara pohon yang ditebang dengan yang ditanam atau tumbu. Selama ini pemerintah daerah Sumedang, lanjutnya, sangat mengerti akan faktor kebutuhan masyarakat untuk menebang pohon.

Namun, kata Atje, jika seseorang melakukan penebangan pohon karena untuk memenuhi kebutuhan hidup, dia juga harus memperhatikan kebutuhan dan kepentingan masyarakat luas.”Kalau memungkinkan, setiap menebang satu batang pohon, berusaha untuk menanam 10 pohon. Dengan semikian, tidak akan terjadi lahan gersang karena dampak pembalakan,” kata Atje Arifin. (Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s