Gerakan Pramuka Harus Mampu Bergandengan Dengan Pemerintah dan Swasta

Posted on Updated on

Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Jawa Barat, membuka Jambore dan Peransaka Daerah Jawa Barat 2010, di Bukem (bumi perkemahan) H. Mashudi Kiarapayung, Jatinangor, Senin (27/12) didampingi Pangdam III Siliwangi.

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Jawa Barat, membuka Jambore dan Peransaka Daerah Jawa Barat 2010, di Bukem (bumi perkemahan) H. Mashudi Kiarapayung, Jatinangor, Senin (27/12).

Di sela-sela kegiatan Jambore dan Peransaka, Senin, Dede mengatakan, pada Jambore dan Peransaka diharapkan menjadi pesta kegiatan anggota Pramuka Jawa Barat yang  positif, dan mengajak Pramuka untuk bangkit kembali.
“Gerakan Pramuka adalah sebuah wadah untuk membangun karakter bangsa. Untuk menjadi seorang pemimpin yang bijaksana dan tidak korup, bisa dipupuk sejak dini melalui Pramuka. Pramuka juga dapat menolak hal-hal negatif, seperti pengaruh geng motor dan narkoba,”jelasnya.

Pada tema Peransaka yang diikuti anggota Penegak dan Pandega, Dede mengatakan,
disesuaikan dengan usia mereka yaitu penanggulangan bencana. Untuk itu ke depan, di harapkan Pramuka akan menjadi garda paling depan dalam menanggulangi korban bencana alam.

Diungkapkan Dede, sejak dulu Pramuka Kwarda Jawa Barat telah memiliki SAR (Search and Rescue), yang dalam setiap kegiatan penanganan bencana di-BKO-kan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Karena Jabar sendiri merupakan daerah yang berpotensi terjadi bencana, seperti Bandung yang memiliki cekungan Lembang, maka kesigapan dan kesiapan tenaga ‘Rescue’ sangat teramat dibutuhkan.

Selain itu, menurut Dede Yusuf, ke depan Gerakan Pramuka harus mampu bergandengan dengan instansi baik pemerintah dan swasta. Karena pendanaan kepada Pramuka sangat kecil dan minim, menurut sia, sudah saatnya Pramuka mempunyai sumber dana sendiri.

“Pelaksanaan Jambore dan Peransaka Daerah Jawa Barat 2010 ini, merupakan persiapan Kwarda Jawa Barat dalam mengikuti Jambore Nasional Bulan Juni 2011 di Sumatra Selatan nanti,” kata Dede Yusuf. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s