5 PENDAKI YANG NYARIS HILANG DI GUNUNG TANDIKAT

Posted on

TIM SAR BERHASIL EVAKUASI KORBAN

Padangpanjang, Buser Trans Online

Selasa (4/1) pukul 11.13 Wib Tim SAR berhasil mengevakuasi lima anggota sispala Equator PB Padang di Lembah Danau Kembang sisi kiri Gunung Singgalang, dan langsung dilakukan pemeriksaan sekaligus memberikan perawatan awal, kondisi korban tiga orang sehat dan dua orang lagi mengalami cidera/terkilir dalam kondisi lemah, diantaranya Fuji Ferdian Putra (20), Benny Fativa (19), Irman (20),  Dori Samson (20), dan Agung Putra (20).

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koran Aspirasi dari Ketua SAR Padang Panjang, Joni Aldo yang didampingi Jumadi Koordinator SAR Padang Panjang diruang kerjanya mengatakan dan sekaligus menceritakan perjalanan Evakuasi korban di gunung Tandikat, berawal dari informasi yang kami terima dari Basarnas Padang, pada pukul 21.00 Wib, tepatnya minggu (2/1) yang lalu, bahwa ada 5 orang terjebak saat pendakian gunung Tandikat, SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Padang, SAR Padang Panjang, RAPI, BMG dan seluruh potensi yang terlibat dalam pengamanan, untuk menentukan Titik Koordinat (TK) dimana posisi korban berada saat ini, dan juga persiapan dan langkah – langkah pelaksanaan evakuasi korban di Lembah Danau Kembang di sisi gunung Singgalang, dibawah mata air pada TK 47.10 LS – 54.55BT, ujar Joni Aldo.

 

Pada Senin (3/1) SAR gabungan membentuk Dua Search Rescue Unit (SRU) masing – masing SRU sebanyak 14 personil, SRU 1 terdiri dari SAR Padang Panjang dan Basarnas Padang bergerak dari jorong Sikadundung Nagari Singgalang X Koto menuju Gunung Tandikat sedangkan SRU2 terdiri dari Sekber PA Sumbar dan Sispala Equator PB Padang, bergerak dari Tower TVRI Pandai Sikat menuju Gunung Singgalang. Pukul 21.17 Wib Tim Logistik berangkat menuju Pos Tandikat dan OSC, Koordinator Tim SAR Padang panjang beserta Walinagari Singgalang Angku Basa menuju Pos Pendakian Gunung Singgalang untuk berkoordinasi dengan muspika X Koto Kab. Tanah Datar.

 

Selasa (4/1) pukul 08.00 Wib SRU 1 sampai di puncak Gunung Tandikat, dan Tim SAR Padang Panjang dan Basarnas Padang bergerak menuju Pos Aju di Kantor BMG Volkanik Tandikat dengan membawa perbekalan logistic, pukul 11.13 Wib pada TK 46.05 – 54.02 bertemu dengan korban dan langsung melakukan pemeriksaan sekaligus memberikan perawatan awal, kondisi korban tiga sehat dan dua orang mengalami cedera kaki (terkilir) dalam kondisi lemah. Pukul 14.34 Wib  SRU 1 beserta korban telah sampai di bivak sekaligus makan siang dan untuk pemulihan stamina, kata Joni.

Rombongan Kapolres Padang Panjang yang didampingi Waka Polres menuju Pos Aju sikadundung kenagarian Singgalang X Koto dan Pukul 15.14 Wib rombongan Polres Padang Panjang dan Brimobda bergerak menuju Tandikat sebanyak 30 personil. Sedangkan mobil Ambulance Padang Panjang, mobil Rescue Basarnas, mobil Fire Figther, mobil Polres Padang Panjang, mobil Tagana Padang Panjang, bergerak menuju sSikadundung bersama – sama dengan Kepala BPBD Padang Panjang, sekaligus menunggu Tim SAR yang membawa korban yang sedang berada dalam perjalanan, pukul 20.51 Wib korban sampai di Pos Aju Sikadundung Nagari Singgalang dalam keadaan lengkap dan kemudian dibawa ke RSUD Padang Panjang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan pukul 24.00 Wib. Operasi SAR resmi ditutup oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Panjang, Rusdianto, dengan menyampai terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya mengevakuasi korban, demikianlah kronologis perjalanan SAR untuk mengevakuasi korban anggota Sispala Equator SMU PB Padang di Gunung Tandikat dan Gunung Singgalang, paparan Joni. (Donny D. Osmond Provinsi Sumbar).

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s