Gaji PNS Bantul Molor

Posted on

BANTUL – Buser Trans Online

Tak jelas kenapa, awal tahun 2011 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bantul harus gigit jari. Pasalnya, hingga berita ini diturunkan gaji mereka terutama periode Januari ini belum dibayarkan. Pemkab berdalih, pemerintah pusat telat mencairkan gaji PNS.

Wagio, salah seorang PNS di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengatakan, sedianya gaji PNS telah cair kemarin (3/1), karena hari libur jatuh pada 1 Januari. Namun hingga siang hari, gaji tak kunjung cair. “Belum cair sampai sekarang, kata bagian keuangan yang ngambil gaji di bank, orang bank bilang uangnya habis, lalu disuruh nunggu, katanya sore akan cair,” katanya.

Hal serupa dikatakan salah seorang PNS di Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil. Lelaki yang tak mau disebut namanya itu mengatakan, telatnya pencairan gaji baru kali ini terjadi. Menurutnya, tak mungkin kas daerah habis, lantaran alokasi gaji sudah direncanakan sejak awal.

Telatnya gaji tersebut, menurut dia, semakin memberatkan PNS, karena tunjangan kesejahteraan pada kuartal terakhir 2010 serta tahun ini juga ditiadakan untuk pejabat fungsional dan struktural, karena APBD defisit. “Saya sudah bertahun-tahun jadi PNS, baru kali ini telat, kemarin tunjangan kesejahteraan juga ditiadakan karena defisit,” keluhnya.

Mawardi, PNS di Kantor Humas Bantul, menceritakan, hingga sore hari tak ada satu pun pegawai kantornya yang telah mengambil gaji. “Kayanya belum cair sampai sekarang, karena nggak ada yang sudah ngambil gaji, memang telat,” akunya.

Badan Anggaran DPRD, Aslam Ridlo mengatakan, harusnya pencairan gaji tak mungkin telat karena sudah dialokasikan sejak awal. Dikatakannya, dari keterangan sumber di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), gaji tak dibayarkan lantaran kas APBD tinggal Rp250 juta.

Tak urung cerita buram itu menjadi sorotan anggota dewan Bantul. “Ada pertanyaan besar di balik semua ini, kalau dana proyek bisa saja telat, tapi kalau gaji, kan sudah dialokasikan sejak awal,” ujar Aslam Ridlo. Cholis Buser Trans Online

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s