Polsek Cankringan Boyongan Ke Kantor Kecamatan

Posted on Updated on

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SLEMAN,Buser Trans Online

Akibat terjangan lahar dingin Kali Opak (3/1), Polsek Cangkringan yang terletak di dusun Panggung Argomulyo Cangkringan rusak Parah. Pelayanan masyarakat akan dipindahkan ke lingkngan kantor Kecamatan Cangkringan. “Untuk sementara kantor dipindahkan di dekat kecamatan, pelayanan kepada masyarakat tetap berlanjut,” kata Kapolsek Cangkringan AKP Sudalidjo di Mapolsek Cangkringan.

Saat BUSER TRANS bertandang ke kantornya, kondisi kantor Polsek terlihat berantakan dan sudah tidak dapat ditempati. Hampir seluruh ruangan polsek hancur akibat banjir lahar dingin. Pelayanan untuk hari ini agak tersendat karena personel dikerahkan untuk evakuasi barang-barang.

Yang pasti, barang-barang yang diselamatkan seperti mebelair, komputer, arsip dan lainnya. Semua barang tersebut dipindahkan ke salah satu ruangan di Kecamatan Kalasan. “Pelayanan kepada masyarakat untuk pagi ini terpaksa tidak bisa kami lakukan. Kami. harus kerja bakti dulu,” jelasnya.

Sudalijo mengakui, pihaknya sempat ditawari lokasi kantor di dekat balai desa Wukirsari yang dianggap lebih aman dan nyaman. “Tapi saya milih di dekat Kecamatan, nanti kalau berada yang di lokasi aman polisi dianggap cari enaknya sendiri,” ujarnya seraya mengimbuhi pilihannya jatuh di komplek kecamatan, karena lebih efektif dalam melayani masyarakat.

Menurutnya, sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat banjir lahar dingin. Hanya bangunan dan areal persawahan saja yang rusak. Dua buah jembatan juga putus, serta dua rumah hanyut dan beberapa rumah warga yang lain dipenuhi oleh pasir.

Tertimbun

Hanya saja, selain merusak bangunan dan seisinya, amuk lahar dingin di malam naas itu juga telah menimbun barang bukti laka lantas berupa satu unit kereta wisata. “Apa boleh buat, barang bukti juga ikut tertimbun material vulkanik,” ujarnya.

Sebaliknya bagi pemilik kereta wisata, Joko. Warga Manisrenggo Klaten merasa sudah jatuh tertimpa tangga. Pasalnya kereta wisata yang diparkir di halaman Mapolsek Cangkringan rusak. “Ini sudah rusak karena kecelakaan, tapi karena ketimbun pasir nanti mesinnya harus diperbaiki dulu,” katanya.

Kereta wisata tersebut mengalami kecelakaan lima bulan silam di dusun Cakran Wukirsari Cangkringan. Barang Bukti kereta wisata miliknya di titipkan di halaman Mapolsek Cangkringan. Sebenarnya, Senin (3/1) lalu sudah selesai mengurus administrasi di Polres Sleman dan tinggal diambil.

Tetapi, malam harinya justru diterjang banjir besar yang merupakan luapan dari kali Opak. Terpaksa pemilik mengurungkan niatnya untuk membawa pulang kendaraannya karena tertimbun pasir padat setinggi 1 meter. “Kemarin sebenarnya mau diambil untuk dibawa pulang, belum sempat sudah kena banjir,” keluhnya. Cholis Buser Trans Online

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s