Diduga Temapt Mesum, Indekos Sleman Dikosek Sat Pol PP

Posted on

SLEMAN — Buser Trans Online

Terindikasi sebagai ajang mesum, sejumlah rumah pondokan atau indekos di kawasan Seturan, Desa Condong Catur, Kecamatan Depok Sleman, Minggu malam lalu, dikosek  Satuan Polisi Pamong Praja setempat. ”Selain itu penertiban yang kami lakukan juga dimaksudkan untuk sosialisasi terkait izin mendirikan bangunan dan izin gangguan,” kata Kepala Seksi Penegakan Perundangan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman Sunarto.

Menurut dia, berdasarkan laporan masyarakat, sejumlah rumah pondokan dan indekos di Sleman sering digunakan sebagai tempat kumpul kebo dan peredaran narkoba. ”Hal tersebut jelas melanggar peratusan daerah (Perda) No 8/2009 tentang usaha pemondokan. Sesuai Perda tersebut penghuni laki-laki dan perempuan tidak boleh campur,” katanya.

Ia mengatakan, bagi pengelola yang memperbolehkan laki-laki masuk ke kamar perempuan mendapatkan teguran dan agar memperingatkan penghuni. ”Sepanjang jalan di belakang kampus UPN Veteran Yogyakarta tercatat kurang lebih 20 bangunan pondokan dan `guest house`. 10 di antaranya belum memiliki izin gangguan. Kami minta kepada mereka untuk mengajukan demi keamanan dan ketertiban,” katanya.

Ia mencontohkan, salah satunya ”guest house Omah Rojo” yang baru dibangun akhir 2010, pemilik bangunan yang masih baru belum tahu mengenai izin gangguan ataupun Surat Izin Usaha Kepariwisataan (SIUP). ”Bagi yang belum memiliki surat izin tersebut diberikan waktu tiga bulan untuk mengajukan. Jika tidak, sanksi diberikan tiga bulan kurungan dan denda Rp 5 juta,” katanya.

Pengelola pondokan Puri Difa di belakang Kampus UPN Condong Catur, Marsono mengatakan telah memiliki surat izin gangguan. ”Kami harus mengawasi 21 kamar yang semuanya mahasiswi, kalau yang laki-laki lihat saya langsung pergi, tapi terkadang suka nyolong-nyolong jadi pengawasannya harus ketat,” katanya. Cholis Buser Trans Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s