Gubernur Jabar Tinjau “Netty Her”

Posted on Updated on

 

Gubernur Jawa Barat, Heryawan, mengamati varian anggrek 'Netty Her', hasil pengembang an BPB Hortikultura Pasir Banteng Jatinangor Sumedang Provinsi Jawa Barat. Kamis (20/1)

Kab. Sumedang, Buser Trans online

Balai Pengembangan Benih Hortikultura (BPBH) Pasir Banteng Provinsi Jawa Barat, mengembangkan varien anggrek bulan yang diberinama anggrek ‘Netty Her’, hasil perkawinan anggrek Phalaenosis Jawa Barat dengan brother lancer.

Bersama rombongan, Gubernur Jawa Barat, Heryawan, Kamis (20/1) berkesempatan meninjau lokasi pengembangan varitas anggrek di labolatorium BPBH Pasir Banteng Kabupaten. Sumedang.

Menurut Heryawan, dia menyambut baik upaya yang dilakukan pihak BPBH tersebut, karena keberadaannya mampu mengembangkan tanaman-tanaman, khususnya, yang sudah sangat langka dan terancam punah.
“Di BPBH ini pun terdapat tempat untuk pengembangan biofarmaka atau tanaman obat. Terus terang secara pribadi saya sangat bangga, karena ternyata tanaman langka dan yang menjadi khas dari daerah-daerah pun mampu dikembangkan di sini jelasnya.

Sementara itu,      menjelaskan untuk mengembangkan jenis tanaman anggrek tidak bisa menyilangkan sendiri, tetapi pembenihan tergantung seleksi alam dan kepintaran manusia untuk mempu berinovasi.

Di BPBH Pasir Banteng sendiri, menurut dia, ada sekitar 30 spesies atau varitas anggrek, yang baru akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian. Untuk anggrek ‘Netty Her’ dari proses persilangan sampai bentuk bakal biji memerlukan waktu sekitar 4 bulan.

Untuk bisa menghasilkan anak, setelah bakal biji tersebut dimasukan ke dalam rumah kaca dengan bentuk kompot (media tanaman) kecil dibutuhkan waktu setahun. Dan untuk bisa menghasilkan bunga anggrek bagus, dari awal persilangan diperlukan waktu sekutar 1.5 tahun.(Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s