Polda Jabar Selidiki Pelaku Pembuatan Ijasah Palsu Di Sumedang

Posted on Updated on

Kapolda Jabar Irjen. Pol Suparni Parto

Kapola Jabar; Pembuatan Ijasah Palsu Adalah Pelanggaran Hukum

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Ribuan ijazah palsu diduga beredar di PT.Kahatek dan sudah lama berlangsung, hal itu terungkap setelah salah seorang korban yang enggan disebutkan namanya buka suara terkait ijazah palsu yang ia dapatkan dari sindikat pemalsu ijazah.

Korban yang juga masih warga Jatinangor mengungkapkan saat dirinya hendak masuk ke PT.Kahatek dengan berbekal hanya ijazah SMP ternyata tidak bisa karena standar yang diterapkan oleh perusahaan yaitu minimal lulusan SMA. Namun tiba-tiba ia di hampiri oleh salah seorang yang menawarkan ijazah dengan status sekolah negeri.

Menurut korban, karena terdesak kebutuhan kerja, dirinnya mau dibuatkan dengan imbalan Rp. 6 juta, setelah selesai ijazah tersebut dengan dibantu oleh pembuat iajazah palsu itu,ia mencoba memasukin lamaran ke PT.Kahatek dan berhasil diterima. Kerjapun tidak berlangsung lama masalah lain muncul kira-kira baru  dua bulan bekerja tiba-tiba di putus oleh pihak Kahatek dengan alasan tidak jelas. “Karena merasa dirugikan telah keluar banyak uang, akhirnya saya ceritakan masalah ini,”akunya.

Bahkan lanjut dia, ijazah palsu tersebut bukan hanya dirinya, tetapi banyak pegawai kahatek yang masuk menggunakan ijazah palsu tersebut dan ironisnya pembuatan ijazah itu melibatkan salah seorang Pegawai Negri Sipil (PNS) yang dinas di kantor kecamatan Jatinangor inisial, AD.

Camat Jatinangor Nandang Suparman ketika dikonfirmasi yang bersangkutan merupakan karyawannya membenarkan, namun sudah lama karyawannya itu tidak masuk kerja dengan alasan tidak jelas tidak masuk lagi kerja.”Sudah hampir 7 bulan karyawan kami itu, tidak masuk kerja,”ujarnya.

Bahkan karena prilakunya itu buruk, gaji yang semestinya diterima tidak diberikan sejak april 2009.”Bagaimana mau memberikan haknya,k erja saja tidak pernah,”ucap Nandang.

Dari data yang dimiliknya, menurut Nandang, AD, dinas di kantor kecamatan Jatinangor sejak tahun 1995,dan dilingkungan kecamatan boleh dibilang senior.”Permasalahan yang menimpa  AD itu, sudah ditangani oleh inspektorat, sehingga kami tidak bisa memberikan keterangan yang diluar wewenang yang ada,”terangnya.

Sementara itu Iwa Kartiwa dari Inspestorat (Bawasda)kabupaten Sumedang via ponsel,kaetika ditanya mengenai PNS yang terlibat sindikat Ijazah palsu mengakui kalau yang bersangkutan telah diperiksa dan surat rekomendasi pemberhentian sudah dilayangkan ke Bupati.

Namun ketika disinggung lebih jauh, mengenai dipecatnya AD akibat terlibat sindikat ijazah palsu, Iwa tidak memberikan  penjelasan secara gamblang. “Kalau masalah itu, bukan wilayah kami, tetapi yang ditangani dan berkaitan dengan AD mengenai kedisipilnan,”terangnya.

Pihak PT. Kahatek melalui Ludy yang menjabat humas, ketika dimintai komentarnya terkait maraknya ijazah palsu, mengatakan kalau permasalahan tersebut prosesnya panjang dan yang berhak untuk menanganinya pihak yang berwenang.”Kalau masalah ijazah palsu, biarkan pihak yang berwenang yang menanganinya dan kalau diceritakan panjang  kang,”terangnya.

Kapolda Jabar Irjen. Pol. Suparni Parto menyatakan bila memang beredar adanya pemalsuan ijasah, hal tersebut adalah pelanggaran hukum. Namun diakui kapolda pihaknya baru mengetahui adanya pembuatan ijasah palsu yang marak di wilayah Sumedang untuk kepentingan melamar pekerjaan ke salah satu perusahaan, “jika memang ada informasi beredarnya ijasah palsu, itu kan pelanggaran hukum ya. Jadi perlu ditindak tegas”jelas Kapolda saat dikonfirmasi, Selasa (25/01), disela acara pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke VIII Majelis Ulama Indonesia Propinsi Jawa Barat, yang berlangsung di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor Kab. Sumedang. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s