CSOF Minta Kejari Serang Serius, Sidik Para Saksi Kasus TIK Disdik Banten

Posted on Updated on

Banten, Buser Trans OnLine

Kasus Pengadaan Teknologi Informatika Komputer (TIK) 2009 yang menyeret Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Drs. H. Eko Endang Koeswara  menjadi tersangka tunggal, kini mendekam di Hotel Prodeo. Penahan Eko menjadi isu hangat dikalangan elemen masyarakat provinsi Banten, mulai dari pejabat birokrasi, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan bahkan lapisan masyarakat biasa pun turut mengomentari, apakah ini dikarenakan saking bobroknya pengelolaan anggaran atau biaya pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Banten yang sebelumnya terkesan tidak tersentuh hukum.

Salah satu  warga Perum Puri Anggrek Serang, Jimmy Julius SH, yang juga mengikuti perkembangan kasus ini mengatakan, bahwa   penahan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Banten mungkin sudah melalui tahapan proses hukum dan suatu prestasi bagi Kejari Serang dalam penegakan hukum di Kabupaten Serang. Namun dia juga berharap agar Kejari lebih giat lagi dan jangan  hanya menahan Eko saja sebagai tersangka  tunggal dalam kasus pengadaan TIK 2009 tersebut, ungkapnya.

Keterangan yang disampaikan Kejari Serang, Jan Maringkan S melalui Kepala Seksi  Intlejen (Kasintel) Kejari Serang saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Yunardi menegaskan sebenarnya ini bukan ranah saya, ini ranah pidana khusus (Pidsus), tapi karena saya salah satu bagian dari tim, sedikitnya, saya  mengetahuinya.  Sekarang ini masih dalam  proses penyidikan. Jadi saksi-saksi sekarang belum full seluruhnya  diperiksa,  tentunya disini namanya penyidikan belum ketemu dari pengembangan itu. Yang namanya proses penyidikan harus mengacu kepada Kita Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) setidak-tidaknya memiliki bukti awal yang cukup kuat untuk menetapkan seseorang itu menjadi tersangka. Yang sudah memiliki bukti awal yang cukup Eko ditahan  diprapradilankan.  Jadi tidak mudah dan sesederhana pikiran kita untuk menetapkan sesorang itu menjadi tersangka. Sebab dalam kasus tindak pidana Korupsi (Tipikor) walaupun itu sudah di depan mata karena terkendala alat bukti, pengakuan, petunjuk dan keterangan saksi. Oleh karena itu, pihaknya berharap peran masyarakat dan LSM turut mensport kinerja Kejari. Garis besarnya, kasus itu  dalam tahap penyidikan, artinya Kejari Serang sedang mengembangkan proses penyidikan, tegasnya

Ketua LSM Crime Society Original Form (CSOF) DPD Banten, Ijul mengakui bahwa kasus pengadaan TIK 2009 yang menyeret Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Banten, Eko yang kini menjadi tahanan Kejaksaan adalah suatu prestasi bagi Kejari Serang dalam penegakan hukum di Banten, khususnya di Kabupaten Serang. Kasus TIK membuktikan, bahwa tidak ada yang kebal hukum dan berlaku bagi setiap warga negara. Baik itu, pejabat pemprov Banten,  yang notabenenya selama ini sulit tersentuh hukum. Tapi, CSOF berharap Kejari Serang jangan tebang pilih dalam menuntaskan Kasus TIK 2009 sebab saksi utama bukan hanya Eko saja. Masih ada Saksi kasus TIK yang dapat dijadikan Kejari Serang sebagai tersangka,  Panitia Pengadaan Barang/Jasa, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) masih berkeliaran….ini menjadi pertanyaan ..? Hal itu juga sudah kami pertanyakan kepada pihak Kejari Serang, kenapa hanya Eko saja yang ditahan..? Jawaban yang kami terima dari pihak Kejari melalui Kasintel bahwa Kasus TIK  sedang dikembangkan proses penyidikannya, papar Ijul.

Ijul menambahkan jangan ada kesan bahwa hanya Eko saja yang menjadi pelaku tunggal dalam kasus TIK 2009. Oleh karena itu, LSM dan masyarakat sangat mendukung kinerja Kejari Serang agar lebih serius dalam mengungkap  siapa tersangka baru dalam kasus TIK 2009. Kita belajar dari kasus Lahan Pertanian Terpadu Provinsi Banten 2009, yang terlibat dalam kegiatan itu semuanya dijadikan tersangka, imbuhnya (bin/Buser Trans OnLine)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s