Rekruitmen Calon Mesti Transparan dan Jujur

Posted on

KULONPROGO -Buser Trans Online

Rekruitmen calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) kerap dilakukan secara tertutup oleh partai politik (parpo) pengusung. Hingga membuat aspirasi masyarakat tidak tertampung dalam menentukan calon yang diusung oleh parpol pengusung. Hasilnya, calon yang diusung tak sesuai dengan keinginan masyarakat, dan dipertanyakan kualitasnya. Hal tersebut, terungkap dalam Focus Group Discussion (EGD) yang diselenggarakan oleh KPU Kulonprogo kemarin.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Humas dan Data Informasi KPU Provinsi DIYMohammad Najib mengakui sering muncul protes yang ditujukan kepada KPU terkait cabup dan cawabup yang lolos verifikasi. Sebab, calon yang dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU dinilai tidak berkualitas. Padahal untuk menentukan kualitas seorang calon ditentukan oleh parpol pengusung, sedangkan KPU hanya melakukan verifikasi secara administrasi saja.

Otomatis, dengan verifikasi administrasi tentunya banyak calon yang dinyatakan lolos sedangkan dari sisi kualitas belum ada jaminan. Penentuan kualitas calon berada di ranah parpol pengusung,”ujarnya.

Menurut Najib, kemungkinan hal itu terjadi karena di tingkat parpol penerimaan calon yang diusung tidak dilakukan secara terbuka dan demokratis. Sehingga tidak mempertimbangkan aspirasi masyarakat. Maka itu, parpol maupun gabungan parpol mesti memunculkan bakal calon kepada masyarakat untuk dinilai.

Forum ini, untuk memberikan masukan kepada parpol maupun gabungan parpol untuk menerapkan mekanisme rekruitmen politik yang bersifat terbuka,”imbuhnya. Cholis Buser Trans Online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s