Terdakwa Korupsi Divonis Bebas

Posted on

GUNUNGKIDUL – Buser Trans Online

Pengadilan Negeri (PN) Wonosari memvonis bebas mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortukultura Pemkab Gunungkidul Dwinggo Nirwanto yang didakwa korupsi pengadaan empat unit kapal Handayani senilai Rp 710 juta, Rabu (26/1).

Jelas.,vonis ini sangat kontra, karena terdakwa sudah telanjur dipensiun dini.Oleh PN Wonosari, terdakwa dinyatakan tidak bersalah dalam tindak pidana korupsi proyek pengadaan empat unik kapal Handayani untuk kelompok nalayan Pantai Sadeng Gunungkidul yang bersumber dari keuangan daerah APBD senilai Rp 710 juta tersebut.

Mendengar putusan bebas terhadap Dwinggo Nirwanto tersebut, jaksa penuntut umum yang menyeret terdakwa hingga ke persidangan, menyatakan pikir-pikir. “Kami menyatakan pikir-pikir,” kata jaksa penuntut umum Tri Sunu Sih Widijati.

Untuk diketahui, kasus lima kapal handayani II ini mencuat setelah ada dugaan ketidaksamaan antara spesifikasi barang dengan apa yang seharusnya dibeli. Lima terdakwa lainnya, sudah dinyatakan sebagai terpidana dengan hukuman masing-masing satu tahun penjara dan denda Rp 50 juta rupiah.

Sementara dalam sidang berbeda, majelis hakim yang dipimpin R Heru Sukaten dengan dua hakim anggota Sri Rahayuningsih dan Erni Kusumawati, menjatuhkan putusan pidana satu tahun kepada terpidana Agus Utama selaku Panitia Pembuat Komitmen (PPK).

Agus Utama dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar UU No. 31/1999 yang telah diubah dan ditambah dengan UU No.20/2001 jo pasal 55 ayat (1) ke-1, jo pasal 64 ayat (1) KUHP dalam kegiatan pengadaan empat unit kapal handayani senilai Rp 710 juta pada tahun 2006 dan merugiakan keuangan daerah senilai Rp 96,8 juta. Cholis Buser Trans Online

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s