4400 KK Hidup Dalam Kegelapan

Posted on Updated on

Lentera ilustrasi net*

Banten, Buser Trans OnLine

Sebanyak 4400 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 48 Desa se-Kabupaten Serang masih hidup dalam kegelapan. Ironisnya, dari jumlah KK yang tersebar di setiap desanya mencapai 100-300 Kepala keluarga yang belum memiliki penerangan listrik sehingga mereka tidak bisa merasakan jaman tehnologi untuk bisa mendapatkan informasi yang sedang merebak saat-saat ini.

Salah satunya masyarakat sebanyak 900 KK yang tersebar di Desa Cikedung Kecamatan Mancak, bahkan selain itu juga sampai saat ini jaringannya pun belum ada di karenakan adanya kendala untuk di Desa tersebut. Hal tersebut di ungkapkan Abdul Fatah, Kepala Seksi (Kasi) Ketenagalistrikan dan Pengembangan Energi Bidang Energi Dinas Pertambangan Dan Energi (Distamben) Kabupaten serang kepada wartawan, Jum’at 04/2.

Untuk itu, pemerintah kabupaten Serang akan terus berupaya untuk mengajukan permohonan bantuan anggaran baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah. Di tahun 2011 ini untuk masyarakat yang tersebar di Desa Cikedung Kecamatan Mancak akan mendapatkan bantuan untuk jaringannya. “ Pemerintah Pusat melalui APBN tahun 2011 akan mengalokasikan bantuan untuk jaringan di Desa Cikedung, dan itu pun melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN), karena Pemkab serang tidak memliki anggaran untuk bantuan tersebut,” terang Abdul.

Sebagai kendala untuk di Desa Cikedung, Abdul menjelaskan, untuk di Desa tersebut di karenakan adanya cagar alam dan inflek-inflek rawa danau tukung yang sangat besar sehingga sangat sulitnya untuk memasang jaringannya. “ paparnya.

Namun selain itu, lebih jauh Abdul menjelaskan, untuk sebanyak 4400 KK yang tersebar di 48 Desa se-Kabupaten Serang, di tahun 2011 akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi melalui Distamben akan memberikan bantuan program listrik Desa berupa penyambungan jaringan sampai dengan KWH.” tambahnya.

Untuk itu, Abdul menghimbau kepada masyarakat yang akan mendapatkan bantuan Lisdes, agar bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin atas upaya Pemerintah Provinsi yang bertujuan guna kesejahteraan masyarakat Banten, khususnya Kabupaten Serang.” pungkasnya

Sementara itu, Kepala Bidang Energi Distamben Kabupaten Serang, Heryadi M Senaaji, berharap kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan ini agar bisa memanfaatkannya dan serta membantu dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.” Dan bagi bagi masyarakat yang belum mendapatkan akan bersabar mudah-mudahan untuk tahun depan akan mendapatkan bantuan ini,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Distamben Kabupaten Serang, Deddy Setiadi, menuturkan, dengan adanya bantuan ini semua atas perjuangan Bupati serang guna mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat yang tersebar di Kabupaten Serang. “ Walaupun tidak adanya anggaran yang dialokasikan Pemkab Serang untuk bantuan tersebut, namun Bupati tetap menganjurkan agar tetap berjuang. Dan atas perjuangan Bupati itu Pemerintah Pusat di tahun 2011 ini mengucurkan anggaran untuk bantuan jaringan listrik, yang akan diselenggarakan pihak PLN Serang,” paparnya.

Ia melanjutkan bahwa pemkab Serang, bukan tidak memilki anggaran untuk bantuan tersebut, namun karena keterbatasan anggaran sehingga tidak ada alokasi bantuan. “ Mungkin saat ini tidak ada, mudah-mudahan anggaran perubahan dianggarkan untuk bantuan tersebut. Yang penting di tahun ini untuk setiap Desa bisa terisolir, seperti di Desa Cikedung Kecamatan Mancak di prioritaskan untuk mendapatkan bantuan dari dana APBN tahun 2011 ini,” tutur Deddy.

Ditempat terpisah, saat akan dikonfirmasikan. “ Bapak bagian Humasnya tidak bisa di temui karena sedang rapat, setelah rapat langsung ke lapangan. Nanti saja hari Senin pagi mas,” ujar Security yang bertugas (bin/Buser Trans OnLine) .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s