Kejari Donggala Tebang Pilih Tangani Dugaan Korupsi Pilkada Sigi

Posted on

Sulteng, Buser Trans Online,.

Kejaksaan Negeri Donggala diminta tidak pandang bulu dalam mengungkap kasus dugaan

korupsi dana Pilkada Kabupaten Sigi senilai Rp 2,2 miliar.
Penetapan Bendahara KPU Sigi, Hariyanto Abdul Tanga sebagai tersangka tunggal dalam kasus ini menguatkan indikasi adanya tebang pilih dalam penetapan tersangka.
“Betul apa yang disinyalir selama ini, seringkali yang dijerat hanyalah pelaku yang berada pada level bawahan. Sementara para pejabat di level atas amat sulit disentuh,” kata Direktur Perhimpunan Bantuan Hukum Rakyat (PBHR) Sulawesi Tengah, Muhammad Masykur beberapa waktu lalu.

Menurut Masykur, pengakuan Hariyanto tersebut menunjukkan dana yang dialirkan tidak digunakan sesuai peruntukannya. Terlebih dikuatkan dengan adanya temuan berupa kwitansi penggunaan anggaran yang ditemukan di kediaman Hariyanto. Diantaranya, temuan kwitansi penggunaan anggaran atas nama pejabat Bupati Sigi, Ketua KPU Sulteng dan Ketua KPU Donggala, dengan nilai yang fantastis.
“Atas dasar temuan itu mestinya tidak ada alasan bagi pihak Kejari Donggala untuk melakukan tebang pilih dalam memproses kasus tersebut. Sebab, banyak pihak yang terkait erat di dalamnya,” tegas Theo, sapaan akrab Direktur PBHR itu.
Pihak PBHR mendesak Kejari Donggala tidak tebang pilih dalam mengakhiri drama aliran gelap dana Pilkada Sigi itu.
“Segera proses para pihak yang diduga menerima aliran dana tersebut, jangan pandang bulu, demi tegaknya supremasi hukum. Jangan sampai membenarkan sinyalemen yang selama ini berkembang di publik bahwa penegakan hukum hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Dan ujung-ujungnya aparat penegak hukum masuk angin” pungkasnya.(M.Nurnaz/Buser Trans Online)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s