Warga Jatinangor, Tolak Digusur Pemprov Jabar

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Perluasan kawasan pendidikan SMA 1 Jatinangor yang akan dilakukan pada tahun ini ternyata mendapat perlawanan dari warga RT 05, RW 07, Kampung Cisaladah, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor. Rencana tersebut akan di tolak warga sebab mereka yang akan tergusur meminta ganti rugi, namun pihak Pemprov Jabar hanya akan mengganti uang kerohiman saja.

Menurut Sutisna Setiadi (43) yang tanahnya akan di gusur mengatakan bahwa pihaknya akan mempertahankan tanahnya jika tidak diganti, pihaknya mengakui bahwa dirinya telah mendirikan bangunan diatas tanah pemprov, bersama warga lainnya sudah sejak tahun 1976.

Dalam kesempatan itu, Kepala sekolah SMA 1 Jatinangor, Dra Hj Yati Sumaryati, menyebutkan Rabu (23/02), bila tanah yang digunakannya saat ini untuk sekolah merupakan tanah milik Pemprov Jabar. Artinya, lanjut Yati SMA pun tidak memiliki hak sepenuhnya atas itu, begitu pun warga yang tinggal diatas tanah Pemrov juga sama tidak mempunyai hak untuk mengklaim tanah tersebut.

“Masyarakat dan pihak sekolah sama tidak punya hak, namun bedanya kalau sekolah itu resmi karena memiliki SK sedangkan masyarakat hanya ujug-ujug membangun tanpa ada kekuatan hukumnya,” tuturnya. Selain itu, ia pun menyebutkan, secara pribadi mengaku miris bila 10 KK yang membangun rumah di tanah milik pemerintah harus pergi dengan tiba-tiba.

Sementara itu, Biro Hukum Pemprov Jabar, Dedi, menyebutkan perluasan sudah terencana dan memang harus mulai berjalan tahun ini. Dia berharap, masarakat yang berada di atas tanah pemprov bisa melakukan langkah yang terbaik dalam menyikapi hal ini. Namun, lajutnya, bila memanag tetap meminta penggantian, masyarakat silakan gugat tanah milik pemerintah kepengadilan. (Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s