BRIPTU FRENGKY CHANDRA MULIA ARITONANG BAKAL MASUK PENJARA

Posted on Updated on

KASASI JAKSA PENUNTUT UMUM DIKABULKAN

Bandung, ( Buser Trans Online )

Dikabulkannya permohonan Kasasi JPU atas putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung yang menjatuhkan vonis bebas terhadap  terdakwa penyalahgunaan Narkoba, maka dipastikan bahwa Briptu Frengky Chandra Mulia Aritonang akan kembali menjalani hukuman disalah satu  Lembaga Permasyarakatan. Bahkan,  bila putusan MA sesuai dengan tuntutan JPU, yakni 2 tahun penjara, maka karier Frengky Chandra Mulia Aritonang terancam akan terhenti dari keanggotaan Polri.

***

Seperti yang dimuat pada Buser Trans Online edisi tanggal 9 Pebruari 2011 dengan judul “ Dari Kasus  Dibebaskannya Oknum Polisi Pengisap Sabu, Diduga Majelis Hakim Terima Suap “, terdakwa Frengky Chandra Mulia Aritonang bin Bernard Aritonang, oknum anggota Polres Bandung tersandung kasus Narkoba. Ia ditahan oleh Provost di Rutan Polres Bandung setelah ditest urine di Klinik Polres Bandung yang ternyata Positif mengkomsumsi Narkoba.

Bahkan Sesuai Surat Keterangan dari Rumkit Bhayangkara Sartika Asih Nomor  Polisi  : SKET/003/1/200/10/RSBS tranggal 8 Januari 2010 yang telah melakukan pemeriksaan urine untuk mendeteksi Zat Narkoba terhadap terdakwa, diperoleh hasil bahwa urine terdakwa mengandung Methampetamine Positif.

Namun pada Sidang Putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Bale Bandung Selasa tanggal 13 Juli 2010, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bale Bandung yang terdiri dari Dodong Iman Rusdani SH, MH sebagai ketua, Ny. Dewi  Perwitatasari, SH.MH sebagai Hakim anggota  dan Khadwanto, SH juga sebagai Hakim anggota yang dibantu oleh Ratmana, SH selaku Panitra Pengganti, berpendapat lain.

Walaupun terdakwa telah mengaku mengisap Nakoba jenis sabu-sabu pada tanggal 01 Januari 2010 sekitar pukul 02.30 WIB di WC Umum Borma Celeuniy Kabupaten Bandung, ditest urine posisitf, ada saksi dan  ada barang bukti, namun ketiga hakim yang dua orang diantranya telah menyandang predikat Master Hukum, tetap tidak yakin bahwa terdakwa memang telah “nyabu” dan dengan demikian telah melakukan tindak pidana sebagaimana di maksud dalam Pasal 112 ayat (1) Sub pasal 127 ayat (1) huruf a, Undang Undang Narkotika Nomor No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Melalui Putusan No. 448/ Pid.B/ 2010/ PN.BB, majelis Hakim senior ini justru melakukan manufer baru dengan cara membebaskan terdakwa dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum karena dianggap tidak terbukti secara sah dan meyakinkan memakai Narkoba jenis shabu-shabu.

Atas Putusan Bebas ini, Jaksa Penuntut Umum Wignyo Yulianto, SH segera  mengajukan kasasi.        “ Aneh Tapi Nyata !!! Terdakwa yang sudah mengaku menggunakan Naroba jenis shabu-shabu, test urine positif ada barang bukti , ada saksi, Kok malah divonis bebas “, komentar JPU seraya menambahkan, bahwa putusan awal ( Pengadilan Negeri – Red) bukanlah merupakan akhir dari sebuah putusan hakim.

Setelah melalui pemeriksaan di Mahkamah Agung, sesuai dengan Info Perkara yang dimuat pada situs mahkamah agung.go.id, Hakim Agung yang terdiri dari Artidjo Alkostar, DR., SH., LL.M.R. Imam Harjadi, H., SH., MH, M. Zaharuddin Utama, H., SH., MM yang dibantu oleh Panitra Pengganti Tuty Haryati, SH., MH pada tanggal 27 January 2011 memutuskan bahwa  permohonan Kasasi JPU dikabulkan dan perkara Pidana Penyalahgunaan Narkoba serta tercatat pada perkara Pidana No. 448/Pid.B/2010/PN BB yang  terdaftar di Mahkamah Agung RI dengan register No. 2130 K/Pid.Sus/2010, akhirnya diputus dengan Amar Putusan Kabul.

Ketika Jaksa Penuntut Umum Wignyo Yulianto. SH dihubungi melalui telepon. dijawab bahwa hingga saat ini Amar Putusan Kabul tersebut belum diteima. Karenyanya, Pihaknya belum belum dapat melakukan eksekusi.  Dibawah ini  terlampir Info Perkara yang diambil dari Situs  www.mahkamah agung,go.id :

INFORMASI PERKARA MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

 

No Register

 

2130 K/PID.SUS/2010

Pengadilan Pengaju Bale Bandung
No Surat Pengantar W11.U6.1702/HN.01.10/VIII/2010
Jenis Permohonan K
Jenis Perkara PID.SUS
Klasifikasi Narkotika
Tanggal Masuk 01-Oct-10
Tanggal Distribusi 26-Oct-10
Pemohon Jaksa Penuntut Umum pada Kejari
Termohon / Terdakwa Frengky Candra Mulya Aritonang bin Bernard
Tim Yudisial G
Hakim P1 R. Imam Harjadi, H., SH., MH.
Hakim P2 M. Zaharuddin Utama, H., SH., MM.
Hakim P3 Artidjo Alkostar, DR., SH., LL.M.
Hakim P4
Hakim P5
Panitera Pengganti Tuty Haryati, SH., MH.
Status Putus
Tanggal Putus 27-Jan-11
Amar Putusan KABUL
Tanggal Kirim Ke Pengadilan Pengaju

Demikian dilaporkan. ( Ucok )

berita kiriman pembaca melalui email buser trans online.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s