PDIP Kota Sandingkan Imam dengan Haryadi

Posted on Updated on

YOGYA –  Buser Trans Online

Di tengah kebuntuhan PDIP Kota Yogyakarta dalam menjaring sosok pemimpin masa depan Yogya, belakangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Yogyakarta diam-diam mulai bergerilya mendekati Wakil Wali Kota Haryadi Suyuti. Bahkan berencana memasangkan Imam Priyono dan Haryadi Suyuti sebagai bakal calon walikota dan wakil walikota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Yogyakarta yang dijadwalkan akhir September 2011.

“Wacana mengusung Imam Priyono dan Haryadi Suyuti ini muncul dalam rapat koordinasi menjelang Pilkada antara DPD PDI DIY dan DPC PDIP Kota Yogyakarta,” kata Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta Sujanarko di Yogyakarta, Kamis pekan lalu.

Menurutnya,  sosok nama Haryadi Suyuti telah menjadi wacana yang muncul dalam rapat -rapat internal partai . Pada rapat Rabu pekan  lalu, misalnya, bahkan telah memperoleh persetujuan dari 19 pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DIY yang ikut hadir dalam rapat tersebut. “DPC PDIP Kota Yogyakarta juga telah menyetujui rapat ini, hampir tanpa perdebatan,” katanya.

DPC PDIP Kota Yogyakarta telah secara resmi mengusung Direktur PDAM Tirtamarta Yogyakarta Imam Priyono sebagai calon tunggal walikota yang akan diajukan partai tersebut dalam pemilihan pilkada mendatang. Sedangkan Haryadi kini menduduki jabatan sebagai Wakil Walikota Yogyakarta dan menyatakan diri siap maju dalam pemilihan umum kepala daerah, namun belum memiliki partai politik yang akan mengusungnya.

Sejumlah pertimbangan PDIP dalam mengusung duet Imam dan Haryadi dalam pilkada mendatang di antaranya adalah Haryadi sebagai calon petahan dinilai memiliki kemampuan untuk meneruskan kepemimpinan di masa yang akan datang.

Selain itu, PDIP juga memasang target untuk memenangi pilkada tersebut karena partai berlambang kepala banteng tersebut adalah partai politik pemenang pemilihan umum di Kota Yogyakarta sehingga wajar apabila juga memenangi pemilihan kepala daerah. “PDIP sebagai partai pemenang pemilu sudah dua kali pemilihan kepala daerah selalu gagal, sehingga pada tahun ini, kami memasang target untuk bisa memenangi pilkada,” katanya.
Membuka Diri

Sujarnako mengatakan, wacana tersebut belum dikomunikasikan secara resmi dengan Haryadi Suyuti, namun antara Imam dan Haryadi sudah sering berkomunikasi, bahkan keduanya terlihat bersama-sama menghadiri sejumlah acara.

Wakil Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga DPC PDIP Kota Yogyakarta Gunawan Hartono mengatakan, usulan untuk memasangkan Imam Priyono dan Haryadi Suyuti terus menguat di internal partai. “Tetapi, juga perlu diingat bahwa politik memiliki dinamika yang sangat tinggi. Sebelum pasangan tersebut didaftarkan ke KPU Kota Yogyakarta, segala kemungkinan masih bisa terjadi,” katanya.

PDIP, lanjut dia, juga akan selalu membuka diri untuk berkoalisi dengan partai lain, sehingga komunikasi politik dengan sejumlah partai seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golongan Karya (Golkar) serta Partai Demokrat atau Koalisi Mataram terus dilakukan.
Terpisah, Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang akan maju sebagai calon walikota pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) September 2011 menegaskan akan memberi kepastian mengenai segala hal terkait pencalonannya itu pada Maret. “Pada Maret, segala sesuatunya akan lebih jelas karena saat ini, prosesnya masih terus berjalan. Maret adalah saat yang tepat,” katanya.

Haryadi menegaskan, bahwa ia telah siap untuk selalu meneruskan kepemimpinan Herry Zudianto yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota Yogyakarta.  “Dari dulu, saya selalu siap untuk meneruskan Pak Herry, yaitu menjadi walikota. Itu saja dulu, yang lain menunggu saat yang tepat,” katanya. Cholis Buser Trans Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s