Pembatasan BBM Subsidi Picu Pengangguran

Posted on Updated on

kemiskinan/ilustrasi/net

YOGYA, Buser Trans Online

 

 

Tiga peristiwa bidang biologi yang terjadi pada tahun 2010 bisa digunakan sebagai teropong peristiwa yang akan terjadi tahun 2011. Menurut Dr. rer.nat Guntoro, Dekan Fakultas Biologi UKDW, tiga peristiwa tersebut adalah moratorium konversi lahan hutan primer dan lahan gambut, pembatasan BBM bersubsidi serta peristiwa bencana alam yang sering terjadi di tanah air.

Moratorium Oslo (2tahun) mengenai konversi lahan hutan primer dan lahan gambut hingga saat ini masih menimbulkan kontroversi dimana di satu sisi Indonesia akan mendapatkan kompensasi dana 1 miliar US$ untuk pelestarian hutan Indonesia, di sisi lain diperkirakan produksi CPO Indonesia tidak akan mencapai target yang dapat memicu terjadi pengangguran dalam jumlah besar.

“ Moratorium Oslo bertujuan mengurangi emisi untuk konversi hutan. Saat ini uang kompensasi sudah disiapkan dan akan diberikan ketika pemeriksaan batas emisi hutan primet turun sesuai aturan,” ujar Guntoro.

Konsekuensi logisnya, menurut Guntoro adalah akan meningkatnya kebutuhan ahli-ahli yang mampu melaksanakan program restorasi lingkungan, rehabilitasi dan optimaliasi lahan serta kebutuhan surveyor nasional pada lembaga-lembaga akreditasi yang mempunyai wewenang menerbitkan sertifikasi RSPO tahun 2011.

Mengenai pembatasan penggunaan BBM bersubsidi dalam rangka penyelamatan APBN tentu akan sangat mempengaruhi peristiwa yang terjadi di tahun 2011 mengingat efek domino dari kenaikan BBM pada semua sektor kehidupan masyarakat Indonesia.

Namun menurut Guntoro, dapat diperkirakan pada tahun 2011, masyarakat akan lebih hemat energy, program energy berkelanjutan yang sudah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2006 akan mendapatkan akselerasi signifikan.“Sektor swasta akan semakin tertarik untuk berkiprah dalam program biodiesel, bioetanol serta program desa mandiri energy,” ujar Guntoro.

Diharapkan pada tahun 2011, kuantitas dan kualitas proyek-proyek penelitan bidang bioenergi/energy terbarukan, eco farming dan obat-obatan herbal akan meningkat dengan alokasi dana yang cukup dari pemerintah. “
Aktor petani organic diperkirakan juga akan meningkat, dan program saintifikasi jamu juga akan mengalami percepatan yang memadai,” jelas Guntoro. Cholis Buser Trans Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s