Perkara Artifak Merapi, Laporan JAS Salah Alamat

Posted on

YOGYA –  Buser Trans Online

Tindak cepat Jogja Art Share ( JAS) yang melaporkan Jogja National Museum (JNM) kepada Kepolisian Daerah (Polda) DIY ternyata berbuntut panjang (16/2). Selang dua laporan itu masuk, giliran JNM langsung merespon laporan tentang tindakan melakukan penggelapan barang sisa erupsi Gunung Merapi (JAS menyebutnya artefak).

Melalui kuasa hukum JNM yakni Law Office Achiel Suryanto langsung memberikan respon dengan menggelar jumpa pers untuk menanggapi langkah JAS yang melaporkan JNM kepada Polda DIY. Achiel Suryanto mengatakan langkah yang diambil JAS itu merupakan langkah salah alamat karena JAS tidak mempunyai legal standing hukum.

Menurut Achiel, JAS bukan badan hukum, JAS itu komisioner atau sekelompok orang. Sementara barang yang dilaporkan hilang bukan milik JAS. Dalam pasar 372 KUHP tentang pasal penggelapan dijelaskan barang yang dilaporkan hilang harus barang milik pelapor.

“Dia melaporkan barang milik saya hilang (maka barang itu) harus milik saya , tapi itu milik dia (JAS) bukan? Persoalannya ada disitu, kalau dia melaporkan penggelapan, siapa penadah barang harus dicari, siapa penadahnya harus ada,” terang Achiel di lantai III ruang pamer utama JNM.

Achiel Suryanto juga menjelaskan dalam MOU yang telah disepakati antara JAS dengan JNM sudah bahwa jika terjadi persoalan diantara para pihak (JAS dan JNM) bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

Data MOU JAS dengan JNM yang didapatkan Jogjanews.com menyebutkan, “Jika terjadi perselisihan pendapat diantara para pihak, maka akan diselesaikan dengan cara kekeluargaan sebelum menempuh jalur hukum. Kita ikuiti saja langkah yang mereka (JAS) lakukan,” terang Achiel. Cholis Buser Trans Online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s