Pihak IPDN Belum Tahu, Jika Pembuatan SIM Melibatkan Koperasi

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.
Gara-gara pingin punya SIM malah jadi tertipu, Oleh (35) warga RT 01, RW 01, Desa Cibeusi, menyebutkan dirinya merasa tertipu tiga orang yang mengaku dari petugas pembuatan surat izin mengemudi (SIM) yang ada di lingkungan kampus Intitut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN).

Pada tanggal 20 Februari di Koparesi IPDN ada tiga orang yang mengaku bernama Eri, Memed, dan Nana, mengadakan pembuatan SIM keliling. Ketiga orang tersebut, diakui Oleh berasal dari Rancaekek, Kabupaten Bandung. Tanpa curiga, diakui Oleh, dirinya dan 20 orang lainnya yang terdiri dari pedagang dan tukang ojeg Cibeusi membuat SIM kepada tiga orang tersebut.

Untuk persyaratanya pemohon harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 125 ribu dan KTP asli si pembuat SIM. Dengan dijanjikan segera selesai dan percaya karena pengumpulan berkas pembuatan SIM di koperasi IPDN, dirinya bersama warga lainnya tidak menaruh curiga.
Beberapa hari setelah persyaratan dipenuhi, petugas pembuat SIM keliling tak kunjung datang, hingga hari ini Rabu (03/03). “Saya tidak curiga sedikit pun, soalnya pas ngasihkan KTP sama bayar itu di koperasi IPDN,” tutur Oleh. Dia beralasan, tertarik membuat SIM pada saat itu karena tergiur harga membuat SIM yang cukup terjangkau.

Karena lama menunggu SIM yang tak kunjung datang, Oleh mengaku bersama tukang ojeg yang memesan SIM, mencari ketiga pelaku hingga ke daerah rancaekek dan Cicalengka. Dirinya mengaku, tidak menyangka kalau ketiga petugas pembuatan SIM keliling tersebut menipu dirinya beserta 20 warga lainnya.
Karena merasa tertipu, Oleh mengaku akan mengadukan kasust tersebut ke kepolisian. Selain itu, ia pun khawatir, bila KTP dirinya disalahgunakan oleh ketiga pelaku penipuan tersebut.

Kuat dugaan pembuatan SIM keliling tersebut melibatkan orang koperasi itu sendiri, namun setelah adanya orang yang tertipu pihaknya sulit mempertanggung jawabkanya. Sementara itu pihak lembaga IPDN melalui Kasubag Humas Sudaryana S.Ip. MM saat dikonfirmasi pihaknya belum mengetahui jika Koperasi IPDN mengadakan program pembuatan SIM. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s