Warga Jatinangor Inisiatif Keruk Sungai Cikeruh

Posted on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.
Dalam mengantisipasi bencana banjir Muspika Jatinangor dan beberapa tokoh masyarakat berkumpul di kantor kecamatan, Selasa (01/03). Perkumpulan yang berlangsung selama tiga jam tersebut, membahas rencana masyarakat secara inisiatif melakukan patungan untuk biaya pengerukan sungan Cikeruh yang selama ini kerap diterjang banjir.
Rencana tersebut sudah diawali oleh Puri Indah beberapa waktu lalu, dan saat ini akan kembali digelar secara swadaya untuk normalisasi sungai.

Sementara itu Camat Jatinangor, Nandang Suparman setelah rapat tim normalisasi sungai Cikeruh memberikan penjelasan kepada sejumlah wartawan. “Yang barusan adalah muswarah untuk swadaya kegiatan pengerukan sungai Cikeruh,” tuturnya.
Untuk dana yang dibutuhkan dalam proses normalisasi, sesuai hasil penghitungan tim sekitar Rp 500 juta, sambil menunggu anggaran tersebut cair dari pemerintah Kabupaten Sumedang, tim normalisasi berinisiatif mengalwali pengerukan secara swadaya.
Anggaran yang terkumpul dari hasil swadaya sebesar Rp 30 juta, dan bentuknya ada yang berupa penyewaan alat berat dan ada yang langsung nominal uang. Selain itu, warga yang sering dilanda banjir pun ikut berpartisipasi dalam program normalisasi.

Disinggung anggaran yang diajukan untuk normalisasi, Nandang menyebutkan pengajuan anggaran untuk normalisasi kepada pemerintah sebesar Rp 350 juta. Untuk tahap awal, lanjut Nandang, pengerukan akan dilakukan sepanjang 400 meter yang diawali dari Puri. Sedangkaan secara keseluruhan, pengerukan sendiri akan dilakukan sepanjang 1,8 kilometer. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s