Masyarakat Dapat Surat Tidak Bermoral Dari Disduk Sumedang

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Surat pemberitahuan Nomor Induk Penduduk (NIK) dengan kop surat Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil yang ditandatangani Kepalas Dinasnya, yang berisikan kata jorok serta tidak bermoral dikirim kepada masyarakat. Anehnya surat tersebut jumlahnya tidak sedikit. Entah disengaja atau tidak, namun dengan lolosnya surat-surat tersebut mencerminkan ketidakprofesionalan dan kurang jelinya seorang kepala dinas, karena terkesan asal main tanda tangan tanpa terlebih dulu mau mengkoreksinya.

Dan yang lebih parah lagi, surat dengan kop Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil yang nota bene Pemerintahan Kabupaten Sumedang merupakan lembaran negara yang sudah semestinya dalam penggunaannya penuh kehati-hatian, serta tidak dijadikan objek perbuatan iseng pegawai yang tidak waras, bermoral brokbrok dan tidak bertanggung jawab.

Dari hasil temuan di lapangan, surat-surat berisi kata-kata amoral tersebut tersebar luas hampir diseluruh desa dan kecamatan Sumedang. Salah satu kelurahan, beredarnya surat pemberitahuan NIK tersebut adalah Cinta Mulya Kecamatan Jatinangor. Kata atau kalimat jorok tersebut diambil dari bahasa Sunda yang artinya ‘persetubuhan’, ada juga berupa singkatan ‘EBOL’ yang mempunyai makna persetubuhan melalui dubur.

Tentang beredarnya surat pemberitahuan NIK meresahkan yang ditujukan kepada masyarakat tersebut, Kepala Desa Cinta Mulya, Dadan Wardana yang ditemui di kantor Kecamatan Jatinangor, Kamis (03/03), membenarkan ikhwal keberadaan surat-surat tersebut.
Menurutnya, sebagai kepala desa, dia sangat gerah dengan kejadian tersebut karena sangat di luar pemikiran akal sehat. “Saya terpaksa tahan dulu surat-surat itu untuk tidak disampaikan kepada masyarakat. Bisa dibayangkan betapa marahnya jika orang yang menerima surat tersebut,” tandasnya.

Sambil memperlihatkan contoh surat yang ditujukan kepada masyarakat, seperti halnya atas nama H. Rukmana Sugandi RT.3 RW.6, Hj. Enok RT.1 RW.6 dan Ama syahma RT.2 RW.6 Desa Cinta Mulya Kecamatan Jatinangor, menurut Dadan, pihak desa pun sudah melayangkan surat protes kepada Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil.
Sementara itu tokoh masyarakat Jatinangor yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Dudi Supardi mengatakan dengan terbitnya surat-surat tersebut mencerminkan masih banyaknya pegawai yang tidak beretika, dan bersikap mental tidak terpuji, dan melukai hati masyarakat.
“Kejadian ini merupakan satu tamparan bagi pemerintah Kabupaten Sumedang, dan Bupati harus segera mengambil tindakan tegas. Selain Harus segera menarik surat-surat tersebut, sangsi pun harus diberikan kepada siapa pun yang terlibat, termasuk kepada kepala dinas sebagai pejabat yang paling bertanggung jawab di Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Sumedang,” tandasnya.

Ketua LSM FORRBEKA Sitam Rasyid saat diminta komentarnya terkait isi surat yang bernada kotor, pihaknya langsung angkat bicara dan mengatakan, jika isi surat itu benar adanya dirinya berharap agar Kadisduk diberi sanksi di copot dari jabatanya sebab ini merupakan penghinaan yang tidak bermoral dan menjijikan “Bupati segera turun tangan jangan berdiam diri, jangan sampai masyarakat sumedang marah melihat surat tersebut”ungkapnya dengan nada sedikit kesal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kabupaten Sumedang, Dr. H. Dady Muhtadi, M.Pd saat dikonfirmasi melalui telepon selular, terkesan kurang memberikan respon. Melalui pesan singkatnya (SMS), dia hanya mengatakan, bahwa stapnya sedang mengecek data-data surat yang keluar. (Kos/Buser Trans Online)

3 thoughts on “Masyarakat Dapat Surat Tidak Bermoral Dari Disduk Sumedang

    hendy rochendy said:
    3 Maret 2011 pukul 8:27 PM

    ada-ada saja,..

    Suka

    Info Hiburan Kesehatan dan Seksualitas said:
    9 Maret 2011 pukul 11:14 AM

    Kalo pegawainya pada ngga bisa kerja copot saja, masih banyak yang lain yang mungkin lebih profesional kok

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s