Jalan Berlobang Amblas, Pemkab Cuek Bebek

Posted on Updated on

ilustrasi /net

KULONPROGO, Buser Trans Online

Cuaca ekstrem yang tak kunjung usai berakibat banyaknya ruas jalan di Kulonprogo yang amblas. Setidaknya, itu terjadi pada ruas jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Kokap-Kecamatan Girimulyo, hingga Kabupaten Purworejo.

Dari informasi yang diperoleh dari warga sekitar, Parjiyo (40), peristiwa amblasnya ruas jalan yang berada di perbatasan antara Desa Hargorejo dengan Hargowilis, Kecamatan Kokap tersebut sudah terjadi sejak beberapa minggu yang lalu.  “Sudah cukup lama, namun tak selebar sekarang ini. Sehingga sangat membahayakan pengguna jalan,” jelasnya.

Dijelaskan, pada awalnya lebar jalan yang amblas hanya beberapa meter saja. Namun saat ini mencapai 30 meter lebih dengan kedalaman sekitar 25 meter. Parjiyo khawatir, kondisi tersebut semakin parah seiring masih tingginya curah hujan. “Kondisi kerusakan jalan semakin parah, karena jalan ini kerap dilewati bus dan truk,” tandasnya.

Terpisah, salah seorang pengguna jalan, Ridwan (30) mengatakan, jika menjelang malam, kawasan tersebut sangat berbahaya. Sebab, posisi jalan tidak terlihat yang disebabkan karena kontur jalan yang berada pada posisi turunan. “Semoga pihak yang terkait segera melakukan perbaikan, karena kondisinya sudah membahayakan pengguna jalan. Apalagi saat ini juga juga harus dilakukan sistem buka tutup jalan,” keluhnya.

Sementara itu Camat Kokap Santoso mengaku sudah melaporkan kerusakan jalan tersebut, baik ke kabupaten maupun ke pihak provinsi. Atas dasar laporan tersebut, sudah pernah dilakukan surve, tetapi hingga saat ini belum ada tindak lanjut. “Sudah kami laporkan, namun belum ada tindakan konkret untuk perbaikan sama sekali,” ujarnya.

Menurut Santoso, kerusakan jalan provinsi tersebut, juga terjadi di Selo Timur dan Selo Barat, Hargorejo, Kokap. “Yang di Selo Barat juga rusak seperti itu, tapi belum separah yang di perbatasan Hargorejo-Hargowilis. Sementara di Selo Timur yang rusaknya hampir bersamaan dengan jalan di perbatasan Hargorejo-Hargowilis saat ini sudah diperbaiki,” tuturnya.
Untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan kerusakan jalan tersebut, pihak kecamatan sudah melakukan penanganan seadanya dengan memberi tanda agar para pengendara yang melintas dapat mengetahui jalan tersebut amblas.

“Kami memasang pagar yang terbuat dari tong dan memberikan kayu yang melintang sepanjang jalan yang ambles. Kami juga memasang rambu peringatan  agar pengendara bisa berjaga-jaga,” imbuhnya. Cholis Buser Trans Online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s