Pascagempa dan Tsunami, Puluhan Turis Jepang Batalkan Kunjungan

Posted on

YOGYA, Buser Trans Online

Puluhan turis asal Jepang membatalkan kunjungan wisatanya ke Jogja bulan ini, menyusul terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami. Anjloknya kunjungan wisatawan asal negeri matahari terbit itu juga  dikhawatirkan kelompok Desa Wisata Karangtengah Imogiri yang selalu menjadi langganan turis asal Jepang.

Manging Director agen perjalanan Garuda Tour and Travel, Edy Prabowo, di Banguntapan, Bantul  mengatakan, sejak terjadi bencana, sebanyak 24 orang turis asal Jepang membatalkan kunjungannya ke Jogja dari total 30 wisatawan yang telah memesan jadwal.

“Karena bencana itu, sekarang tinggal enam, rencanya ada 30 orang yang hari ini (14/3) berwisata ke Jogja, yang batal itu kemungkinan mereka yang tinggal di daerah selatan yang terkena tsunami,” terangnya.

Pembatalan kunjungan wisata diperkirakan bakal terus bertambah menyusul bencana dahsyat yang hingga kini belum selesai penanganananya. Padahal, sepanjang April hingga Mei bila kondisi normal, merupakan puncak kunjungan wisatawan Jepang karena memasuki hari libur.

Para wisatawan sedianya memesan paket wisata seperti mengunjungi candi Borobudur, Prambanan dan Keraton Jogja.  Kekhawatiran anjloknya kunjungan wisatawan asal Jepang juga dirasakan penasihat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Karangtengah, Imogiri, Pargiyanto.

Ia mengungkapkan, rencananya bakal ada sekitar 200 turis asal Jepang yang bakal datang bulan ini ke desanya. Namun, adanya bencana diprediksi bakal membatalkan kunjungan wisatawan.

Padahal menurutnya, wisatawan dari Jepang paling banyak memberi pemasukan bagi para perajin. Setiap kunjungan, pemasukan hingga Rp7 juta dapat dikantongi. Cholis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s