Tanahnya Diserobot Pengusaha, Yosef Minta Keadilan Ke BPN Kota Tanjung Pinang

Posted on

Tanahnya Diserobot Pengusaha, Yosef Minta Keadilan

Ke Bpn Kota Tanjung Pinang

TANJUNGPINANG (Buser trans online)

Nampaknya, kasus tumpang tindih kepemilikan tanah di Kota Tanjungpinang kian mengkhawatirkan. Celakanya, meski ditempuh dengan jalur hukum, namun upaya penyelesiannya selalu berlarut-larut. Tanpa ada kepastian yang jelas.

Memang, marak juga yang mendapat vonis pengadilan. Namun wujud keadilan yang dimaksud justru kerap memihak kepada mereka yang berkantong tebal. Kasus ini, salah satunya dialami oleh Yosef Idrus warga Batu 9, Tanjungpinang.

Pria paruh baya ini, mengaku punya sebidang tanah seluas 20.000 meter persegi yang terletak di Kampung Bukit Galang, RT1/RW1, Desa Batu Sembilan (sekarang Kampung Bukit Galang, RT03/RWII, Kelurahan Air Raja, kecamatan Tanjungpinang Timur atau persis sekitar jalan baru menuju Terminal Bintan Center.

Hal ini, sesuai dengan Surat Keterangan Tanah untuk Keperluan Permohonan Hak Nomor : 135/G-1/1993, yang dileluarkan oleh Kepala Desa Batu Sembilan tertanggal 8 Maret 1993, mengetahui Camat Tanjungpinang Timur Nomor: 435/TPT/IV/1993 tanggal 2 April 1993 atas nama Yosef Idrus.

‘’Namun yang saya sesalkan tanah tersebut ternyata diklaim oleh saudara Mariaman Cs atau Pak Suryono pengusaha real estate terkenal di Kepri ini,’’ sesal Yosef Idrus kepada Buser trans online kemarin. Terkait dengan ini, ia telah menempuh jalur hukum dengan menunjuk pengacara Edy Rustandi SH, MH untuk membantu menyelesaikan perkaranya.

Setelah dikonfirmasi hal ini, Pengacara Kondang di Tanjungpinang Edy Rustandi menerangkan ‘’Ia kami tengah menangani perkara ini. Kami juga sudah melayangkan surat kepada berbagai instansi terkait untuk menanggapi keluhan berikut hak-hak klien kami yang telah dirampas itu,’’ terang Edy. Rustandi. SH, MH,.

Dijelaskannya, klaim saudara Mariaman melalui mitra kerjanya saudara Suryono atas kepemilikan lahan tersebut dengan didasarkan atas Sertifikat Hak Milik Nomor: 3309 tanggal 27 Januari 2001, Surat Ukur Nomor : 0559/Batu IX tanggal 16 Oktober 1999, seluas 19.980 meter persegi, yang dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Riau atas nama Mariaman.

Lantas, Sertifikat Hak Milik Nomor: 3156 Tanggal 21 September 2000, Surat Ukur Nomor: 0558/Batu IX/1999, tanggal 16 Oktober 1999, seluas 19.980 meter persegi yang dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Riau atas nama Mariaman.

‘’Bahwa berdasarkan fakta, data tersebut di atas dan keterangan saksi-saksi yang kami peroleh di lapangan, senyatanya lokasi lahan tanah milik Mariaman Cs tersebut, di atas terletak di Kampung Sumber Karya RT.1/I/II, RWI/II, Desa Batu Sembilan, Kecamatan Tanjungpinang Timur bukan di Kampung Bukit Galang ,’’ tegas Edy Rustandi.SH, MH,.

Sedangkan tanah milik kliennya yakni, Yosef Idrus tersebut, terletak di Kampung Bukit Galang Batang, RT.I/RWI, Desa Batu Sembilan, sekarang Kampung Bukit Galang RT03/RWII, Kelurahan Air raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

‘’Senyatanya kami jelaskan, sebenarnya, ini jelas bukan kasus tumpang tindih lahan masing-masing pihak, kalau menurut dugaan kita ini seperti ada permainan, soalnya antara kampung Sumber Karya dengan Kampung Bukit Galang kan sudah beda lokasi, ini adalah kelalaian BPN Kota Tanjungpinang.

Kendatipun begitu, sejumlah kalangan menilai kasus-kasus tumpang tindih lahan, atau kasus yang menyerupainya tersebut kerap terjadi di Kota Tanjungpinang ini, lantaran kurang professionalnya pihak-pihak terkait, khususnya pihak Kelurahan, Kecamatan dan pihak Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Tanjungpinang.

Dari faktor kelalaian tersebut belakangan justru banyak memakan korban, baik materil-maupun immaterial oleh sejumlah warga ibukota Tanjung pinang. ‘’Dengan kasus ini, juga kami sudah melayangkan surat baik bersifat protes maupun bernada permohonan tindakan tegas,’’ ujar Edy Rustandi.SH,MH,.kepada Buser trans online.

Sejumlah surat itu antara lain, disampaikan kepada Drs Deddy Chandra MM selaku Kabag. Pemerintahan Kota Tanjungpinang perihal permohonan tindakan tegas bernomor 02/MT/ER&A/VII/2010 tertanggal 8 Juli 2010, lantas Surat kepada Walikota Tanjungpinang bernomor : 10/MP/ER&A/VII/2010 tanggal 15 Juli 2010, perihal mohon penghentian sementara pekerjaan jalan.

Terakhir, kata Edy Rustandi. SH, MH,.  surat kembali dilayangkan  kepada Walikota Tanjungpinang bernomor: 09/MT/ER&A/VIII/2010 tanggal 26 Agustus 2010 perihal mohon tidak memberikan izin bangunan, pada tanggal sama juga surat dilayangkan kepada Kadis Kimpraswil Kota Tanjungpinang bernomor: 09/MT/ER&A/VIII/2010  perihal mohon tidak memberikan rekomendasi IMB surat tersebut sudah kami tembuskan ke semua pihak yang berwajib.

Edy Rustandi. SH, MH,. juga mengungkapkan kekesalannya kepada pihak-pihak berkompeten di Kecamatan Tanjungpinang Timur tersebut, sebab sebelumnya pihaknya sudah berupaya melakukan mediasi dengan pihak BPN. Saat itu BPN mengundang pihak-pihak terkait Mariaman,Suryono, Urai, Zaini, Bahri, Sayuti termasuk Camat, Lurah Batu Sembilan dan Lurah Air Raja.

‘’Namun yang kami sesalkan mereka tidak pernah hadir tanpa menunjuk wakilnya. Ada apa ini? Imbasnya acara tersebut tidak pernah terlaksana. Padahal ini penting untuk memastikan dan mendudukkan persoalannya,’’ Edy Rustandi. SH, MH,.  lirih.

Terhadap permasalahan ini, Edy Rustandi SH, MH,. minta kepada instansi pemerintah terkait di Kota Tanjungpinang untuk melakukan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan yang belaku, baik terhadap prilaku Camat dan Lurah. Agar hal sedemikian rupa tidak terulang lagi di kemudian hari terhadap orang lain, sebenarnya hal ini perlu ditegaskan.

‘’Ini penting dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya pemerintahan yang baik atau good government sebagai mana yang didengung-dengungkan itu,’’ bukan mengelak dan selalu memberi alasan yang tidak tepat, demikian Edy. Rustandi SH, MH,.mengakhiri. (Suhardi).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s