UNPAD Belum Melangkah Ke Jalur Hukum Terkait Tanah Sengketa Gono-Gini

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Sejauh ini pihak Universitas Padjajaran (UNPAD) masih koordinasi langkah kedepan terkait tanah yang sebagian menjadi milik MS Sutiamijaya menurut hasil Peninjaun Kembali  Mahkamah Agung (PKMA) yang di bacakan Pengadilan Agaman Sumedang baru-baru ini, sedangkan pihaknya sampai saat ini belum mendapatkan kutipan hasil keputusan PK MA , namun pihaknya masih akan melakukan perlawanan hukum“ jika ahli waris pemenang gugatan gono-gini di tanah UNPAD akan menggunakan tanah tersebut tentunya pihak kami tidak akan mengijinkanya sebab secara resmi merupakan miliknya UNPAD dan sudah bersertipikat”ungkap Bagian Hukum UNPAD Ari Burhani saat dikonfirmasi, Selasa (22/03).

Ditambahkan Ari Burhani, bahwa pihaknya tidak merasa kecolongan walau sebagian tanah UNPAD yang ada di wilayah Jatinangor menjadi menjadi milik orang lain sesuai keputusan PK MA, hal tersebut muncul setelah sengketa tanah di salah satu keluarga yang memperebutkan harta gono gini.

Sementara itu juru bicara ahli waris MS. Sutiamijaya pemenang gugatan melalui Asep Suryana saat dikonfirmasi via telepon oleh wartawan mengatakan bahwa pada intinya jika UNPAD ada upaya hukum pihaknya mempersilahkanya, hal itu merupakan hak masing-masing setelah adanya eksekusi dilakukan, tetapi secara otomatis sesuai amanat PK bahwa tanah tersebut secara hukum sudah menjadi hak dari pada ahli waris pemenang gugatan, “kalaupun ada upaya dari pihak lain secara hukum kami mempersilahkanya jika memang keberatan itu adalah hak masing-masing”jelasnya.

Ditambahkan dia, secara Dejure dan Devakto bahwa tanah tersebut sudah menjadi hak daripada ahli waris, namun jika ahli waris akan mempergunakan tanah tersebut dan pihak UNPAD melarangnya pihaknya akan bernegosiasi atau musyawarah mupakat untuk membicarakan hal-hal tertentu namun secara subtansi hukum tanah tersebut merupakan hak dari pada pihak ahli waris, namun jika ada sesuatu yang menjadi teknis pihaknya akan melakukan mediasi.

Sampai saat ini pihak ahli waris masih belum menggunakan tanah di lokasi UNPAD yang sudah menjadi hak ahli waris masih menunggu jeda setelah pelaksanaan seusai eksekusi, hal-hal lain yang akan dilakukan menunggu keluarga yang lainya sebagai ahli waris yang syah. (Kos/Buser Trans Online)

One thought on “UNPAD Belum Melangkah Ke Jalur Hukum Terkait Tanah Sengketa Gono-Gini

    mahasiswa fakultas hukum unpad said:
    25 Maret 2011 pukul 8:34 PM

    bukanya tanah unpad sekarang itu adalah tanah milik negara. dan unpad diberikan hak pakai,dan tanah negara itu tidak mungkin menjadi sengketa dan di gugat .
    dan unpad telah memiliki sertifikat baru dari jual beli sebelumnya yaitu surat nomer 9,secara otomatis sertifikat pemilik lama telah di hapuskan oleh bpn .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s