LSM FORRBEKA Buruh Melawan, Jika Masuk GOBSI di PHK

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

PT. Citra Mas yang berlokasi di kawasan pabrik komplek Jarum Super Cimanggung di tuding Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) telah melakukan semena-mena terhadap  7 orang buruh, gara-gara bergabung ke GOBSI Cabang Sumedang, ke 7 orang tersebut terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan dimana mereka bekerja.

Ketua GOBSI Cabang Sumedang Law Mahmud mengungkapkan, di PHK nya ke tujuh anggotanya itu oleh perusahaan, tidak mengacu kepada aturan yang jelas dan sama sekali tidak memiliki alasan, namun secara kebetulan semuanya aktip di kepengurusan GOBSI.

“Perusahaan tersebut sudah mnenyalahi aturan sebab mengeluarkan karyawanya tanpa sebab yang jelas itu merupakan tindakan kesewenang-wenangan, hanya gara gara masuk organsisasi buruh, harus keluar dari perusahaan,”ujarnya.

GOBSI sendiri sadah mengupayakan berbagai cara agar ke 7 orang anggotanya mendapatkan haknya sebagai karyawan lainya dan bebas berserikat pekerja apapun dengan demikian pihaknya pernah mendatangi perusahaan yang dianggap menyalahi aturan. Sedangkan sebelumnya pihak PT. Citra Mas didanginya untuk meminta kejelasan terkait nasib ke 7 anak buahnya itu, namun  pihak perusahaan yang di wakili oleh bagian personalia tidak memberikan penjelasan dan alasan kuat.

Diakuinya, ke tujuh orang tersebut merupakan pengurus GOBSI dan di PHK, padahal mereka telah bekerja selama belasan tahun di perusahaan tersebut dan selama bekerjapun tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan dan berprilaku baik.  “Dari data yang dimiliki kami, ke 7orang tersebut diantaranya yang bernama Cecep yang sudah bekerja selama 15 tahun dan tidak pernah berbuat kesalahan, makanya aneh ketika mendengar terkena PHK,”terangnya.

Sementara itu ketua FORRBEKA Sitam Rasyid, ketika dikonfirmasi mengatakan, seharusnya pihak perusahaan yaitu PT. Citra Mas  semestinya tidak melakukan PHK secara sepihak, sebab PHK harus sesuai dengan  amanat pasal 153 poin UU NO 13 tahun 2003, tentang ketenagakerjaan.

Apalagi PHK tersebut dilakukan dengan alasan tidak jelas tanpa ada kesalahan karyawan yang bersangkutan.”Masalah ini jelas adanya kesewenang wenangan pihak manajemen PT. Citra Mas, untuk itu saya menghimbau kepada para buruh harus berani dan melawan demi mempertahankan hak-hak dasar buruh,”ujar Sitam.

Pihak manajemen PT.Citra Mas saat akan dikonfirmasi, Rabu (23/03) melalui bagian personalia yang bersangkutan tidak sedang ditempat. Menurut keamanan yang menjaga pabrik tersebut atasannya itu sedang ada keperluan ke luar. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s