Diharapkan Pemda Sumedang Antisipasi Banjir

Posted on Updated on

Poto rumah warga bernama Nandang Kp. Bunter Rt02/02 Desa Cihanjuang Kec. Cimanggung, saat terendam banjir beberapa waktu lalu dengan ketinggian mencapai 1,5 meter.

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Untuk penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Cimanggung diharapkan Pemkab Sumedang bisa membantu untuk stok pangan di kala musim hujan tiba salah satunya di Cijhanjuang yang seringkali di landa banjir.

Dalam mendekati musim penghujan diharapkan ada antisipasi terutama stok makanan dan obat-obatan yang dirasa selalu kekurangan pada saat banjir datang, hal tersebut dikatakan PLT Kepala Desa Cihanjuang, Ahmad.

Ditambahkan dia, yang paling parah terendam banjir di daerahnya bisa sampai 5 rw dan para korban  yang terkena banjir luapan air kali Cimande biasa mengungsi di rumah saudara nya masing-masing.

“Dalam situasi saat ini memang belum datang banjir, namun dengan demikian pihak desa selalu mengantisipasinya”ujarnya. Dari data yang ada warga terkena banjir ada sekitar 200 KK dan jumlahnya lebih dari 1000 jiwa, akibat seringya kebanjiran sebagian rumah warga menjadi lapuk bahkan ada yang sudah roboh karena seringnya terendam air.

Sementara itu Camat Kecamatan Cimanggung Asep Aan Dahlan melalui Kasie Trantib Heri Juhaeri mengatakan kebutuhan dalam antisipasi datangya banjir tidak hanya obat-obatan dan makanan saja, namun selain itu ada juga yang dibutuhkan tapi seperti perahu karet, ban karet, senter serta tambang yang dibutuhkan saat banjir datang barang-barang teresebut sangat dibutuhkan dan itu harus siap “jika banjir datang jangan sampai bantuan telat datangnya, jika memang kita telah antisipasi sebelumnya jadi tidak menunggu lama sebab sudah ada di stok ”harapnya.

Ditambahkan dia, bila Cimanggung banjir biasanya berimbas dari Kabupaten Bandung terutama daerah Cieunteung kalau sudah terendam air, dengan otomatis bila Cimanggung hujan besar sudah barang tentu banjirpun tidak terhindarkan lagi.

Dengan demikian walau saat ini belum datang hujan tetap pihak pemerintah kecamatan selalu waspada bila sewaktu-waktu turun hujan besar “antisipasi tetap harus ada”pungkasnya. (Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s