Kadisdik Sumedang; Jika BOS Ada Kebocoran Tanggung Jawab Kepsek

Posted on Updated on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Maraknya penyalahgunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dinilai Ketua LSM Sabda Nusantara Kabupaten Sumedang Iwan Kusumah, banyak dana BOS yang tidak jelas pemakaianya justru merugikan pemerintah, BOS bisa dikatakan  kejahatan system di dalam dunia pendidikan yang permasalahnya salah satunya pengadaan barang dan jasa, diprediksi dana aliran BOS yang keluar bisa diselewengkan hingga 50% oleh dinas pendidikan Kab. Sumedang. Hal tersebut di bantah oleh Kepala Dinas Pendidikan H. Eem Hendrawan jika memang ada kebocoran itu tentunya pihak Kepala Sekolah yang harus bertanggung jawab sebab dana tersebut masuk rekening kepsek.

Ditambahkan dia, program BOS sudah jelas juknisnya, “jika sekolah butuh alat peraga silahkan beli untuk penunjang, jika tidak jangan dibeli”tegasnya. Dinas Pendidkan sendiri tidak ada kewenangan dalam mengatur anggaran dana BOS sebab sepenuhnya kepsek yang mengaturnya, “ harus bisa memisahkan antara dinas pendidikan dan sekolah, hanya jika bantuan bidang pendidikan bisa akumulatatif ke dinas”tambahnya.

Setiap anggaran yang keluar dari dana bos sebelumnya ada pemberitahuan dulu melalui Rencana Kegiatan Anggaran (RKA), jadi dinas bukan pengguna BOS secara langsung yang pengguna secara langsung adalah pihak sekolah itu sendiri, kalau memang sekolah dibawah dinas pendidikan secara akumulatif hal itu merupakan kelembagaanya saja. (Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s