Kawin Muda Gara-gara Facebook

Posted on

GUNUNG KIDUL, Buser Trans Onlie –Meningkatnya penggunaan jejaring sosial berupa Facebook (FB) di kalangan usia remaja Gunung Kidul menjadikan angka perkawinan di usia di dini  di wilayah tandus itu meningkat drastis. Bahkan banyak di antaranya yang menikah by accident, alias karena hamil muda.

Hal itu diungkapkan panitera muda hukum Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Gunungkidul, Siti Haryanti, menceritakan pengalamannya tentang banyaknya pasangan  muda yang  menemuinya. “Mereka rata-rata melakukan hubungan di luar nikah, akibat seringnya nonton film porno, selain melalui Facebook,” kata Siti kepada lensaindonesia.com, di kantornya Senin (4/4).

Menurut catatan Haryanti, perkawinan di usia dini terjadi karena terinspirasi dari hasil interaksi mereka lewat jejaring sosial Facabook. Hal ini diketahui saat ia bertanya  kepada mereka, yang sebagian besar mengaku mulai berkenalan melalui Facebook, kemudian bertemu alias kopi-darat (kopdar), dan berhubungan intensif sampai kemudian berhubungan seks.

Dampak Facebook, menurutnya, sangat  signifikan terhadap angka pernikahan dini di Gunungkidul. PA Wonosari, Gunungkidul, mencatat lonjakan data permohonan pernikahan dini terjadi pada 2010.

Ia  menambahkan, di tahun itu pula, situs jejaring sosial mulai digandrungi masyarakat, terutama anak muda  belasan tahun. Akibatnya, dispensasi nikah sering diajukan anak usia 14 hingga 16 tahun karena faktor keterpaksaan.

Data di PA Gunungkidul, pada Januari 2011 terdapat sembilan pasangan mengajukan dispensasi nikah, dan Februari ada 16 pasangan. Jika angka tersebut bertahan pada akhir tahun, diprediksikan angka pernikahan dini kembali meningkat di tahun 2011. Chol

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s