Pelantikan Juru Kunci Merapi,

Posted on Updated on

YOGYA, Buser Trans Onlie

Putra Mbah Maridjan, Asih (44), akhirnya Senin lalu dilantik sebagai juru kunci Gunung Merapi menggantikan ayahnya yang meninggal pada saat erupsi besar Merapi 26 Oktober 2010 lalu.  “Mas Bekel Anom Suraksosihono juga naik pangkat menjadi lurah dengan sebutan Mas Lurah Suraksosihono,” ujar Ngerso Dalem Samyean Dalem Ingkang Sinuwun (Sri Sultan Hamengku Buwono X di sela-sela prosesi pelantikan juru kunci Merapi di Ndalem Bangsal Kasatriyan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Berbeda tradisi sebelumnya, kali ini Keraton Yogyakarta sendiri telah mengubah cara pemilihan juru kunci. Kini pemilihan juru kunci menggabungkan antara budaya dan ilmu pengetahuan, sebagai bentuk Keraton dalam mengikuti perkembangan zaman. Perubahan Keraton dalam menyikapi keberadaan juru kunci Merapi ini berdasarkan evaluasi yang terjadi pada tragedi Mbah Maridjan yang meninggal terkena lahar panas.
P

enggabungan budaya dan ilmu pengetahuan, kata Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo, Penghageng Kawedanan Hageng Panitraputra Keraton Yogyakarta agar kejadian seperti itu tidak terulang lagi. Oleh karena itu, pengirit Abdi Dalem juru kunci Gunung Merapi nantinya akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Sleman, BPPTK, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi, dan juru kunci Gunung Merapi bidang kebudayaan.

“Bagaimanapun dan siapapun pengirit abdi dalem juru kunci akan menjadi tokoh masyarakat yang perlu disiapkan dan ditata agar dapat menjadi panutan masyarakat setempat dengan layak dan benar,” kata Gusti Joyo.
Menyinggung kontroversi labuhan, Joyokusumo juga mengingatkan juru kunci baru, Asih agar upacara adat labuhan yang biasa diselenggarakan di lereng Gunung Merapi tidak dijadikan acara komersialisasi. Sebab, Labuhan adalah upacara adat.

“Tolong diingat betul, jangan sampai terulang lagi acara-acara keraton menjadi wahana promosi atau komersialisasi. Memang menjadi abdi dalem tak mencukupi untuk hidup, karena itu keraton memberikan kesempatan bagi abdi dalem untuk bisa berkarya dalam hal lain,” tegas Joyokusumo.
Sementara itu, menanggapi penetapan dirinya sebagai juru kunci Merapi, Asih siap berkoordonasi dengan pemerintah dan BPPTK terkait pengamanan masyarakat dari ancaman erupsi Merapi. Ia juga siap menggunakan teknologi modern untuk kebutuhan mitigasi bencana Merapi. Chol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s