Wow, Kunci Jawaban Unas Dihargai 15 juta

Posted on Updated on

UJIAN HARI PERTAMA: Siswa SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia pada hari pertama pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) di sekolah tersebut, Senin (18/4). Ujian Nasional tingkat SMA di DIY tahun ini diikuti oleh 18.966 siswa tingkat SMA/MA Negeri dan Swasta, 23.356 siswa SMK Negeri dan Swasta, 16 siswa SMALB Negeri dan Swasta, 2 siswa SMK Tunarungu dan17 siswa SMALB tunarungu.YOGYA, Buser Trans Onlie

–  Memasuki hari ketiga, ujian akhir nasional di wil Yogyakarta diwarnai transaksi kunci jawaban. Bahkan kunci jawaban’ soal Ujian Akhir Nasional (UAN) ini sempat beredar di beberapa siswa Yogya melalui pesan singkat (SMS). Meski tak bisa dijamin kebenarannya, namun beberapa ‘kunci jawaban’ tersebut ditawarkan dengan harga selangit, hingga Rp15 juta!.

Sebuah sms yang disinyalir berisi kunci jawaban Bahasa Indonesia diterima oleh seorang siswi di salah satu sekolah swasta Kota Jogja, empat jam sebelum ujian hari pertama berlangsung. “Saya mendapat SMS berisi kiriman kunci jawaban ujian Bahasa Indonesia, Senin kemarin pukul empat pagi,” tuturnya saat ditemui Harian Jogja usai ujian nasional Matematika di sekolah setempat, Selasa (19/4).

Ia mengaku, SMS tersebut dikirim dari temannya, siswa kelas XII di kota Solo. Meskipun demikian, perempuan yang berdomisili di Salam, Magelang ini tidak menggubris keberadaan SMS tersebut.

Salah seorang siswa lain mengungkapkan modus penyebaran kunci jawaban via sms biasanya dipegang oleh satu orang dalam satu kelas. SMS tersebut kemudian disebarkan berantai ke teman-teman sekelasnya yang lain.

Harga yang dipatok pun beragam, mulai dari Rp15 juta untuk keseluruhan mata pelajaran atau Rp350.000-Rp400.000 per orang untuk mata pelajaran IPA. “Biasanya jika harga mencapai jutaan rupiah, siswa urunan untuk mendapatkan kunci dan disebar melalui sms,” jelasnya. Chol

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s