Pembagian Pohon Kurang Mendapat Respon

Posted on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.
Mahasiswa Universitas Padjadaran (Unpad) Bandung, Selasa (19/4) membagikan sebanyak 350 pohon kepada sesama rekan-rekannya agar ditanam rumah dan di tempat kostnya. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Komunitas Pohon Indonesia (KPI) yang berlangsung di pintu gerbang lama kampus Unpad Jatinangor, jalan Raya Jatinangor Km. 21 Kab. Sumedang.  Namun pembagian pohon tersebut kurang mendapat respon dari kalangan mahasiswa sendiri. Mengingat, banyak mahasiswa yang mengacuhkannya, meskipun pohon-pohon tersebut dibagikan secara cuma-cuma. Meski pihak panitia terus berupaya melakukan pendekatan melalui pengeras suara, khususnya kepada para pengendara yang melewatinya baik roda dua dan roda empat di dalam kampus Unpad.

Namun, banyak mahasiswa mengacuhkannya. “Silahkan ambil pohon untuk ditanam di rumah atau ditempat kost,” kata panitia penyelenggara. Sementara salah seorang mahasiswa Unpad, Effendi menyatakan, dirinya tidak mengambil pohon mengingat tinggal di rumah kontrakan. “Bagaimana mau menanam pohon, kita tinggal di rumah kost.

Sebaiknya, pemberian tersebut langsung ke masyarakat,” kata Efendi. Meskipun, lanjut Efendi, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk generasi mendatang. Namun, tanaman yang dibagikan merupakan tanaman keras seperti Mahoni, Nangka, Asem dan Mangga.
Sedangkan salah seorang warga setempat, Taufik (30) menyatakan, aktifitas mahasiswa sangat baik namun tidak tepat sasarannya. “Coba bila dilakukan diluar kampus tentunya akan mengundang warga agar membiasakan menanam pohon,” kata Taufik.

Sementara salah seorang panitia  Aldilla Muliawati kepada mengatakan, kegiatan tersebut  rangkaian acara pra-event  rangkaian Unpad Golf Tournament (UGT) Fikom Unpad, Jurusan Hubungan Masyarakat bekerja sama dengan Komunitas Pohon Indonesia (KPI). Adapun tema yang diusung  “ Reach The Green “ di gerbang lama kampus  Unpad Jatinangor. Acara pra-event ini bertujuan untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 april 2011.
“Kita menggelar dari mahasiswa untuk mahasiswa,” kata Aldilla. Sedangkan 350 bibit pohon yang dibagikan tersebut terdiri dari  pohon nangka, mahoni, sengon, suren. Selain itu, pembagian bibit pohon dilakukan sebanyak 5 kali di beberapa daerah, diantaranya kawasan Citarum Bandung, gerbang lama kampus Unpad,  Car Free Day ( CFD ) Bandung dan Jakarta, serta Kiara Payung Jatinangor.

Masih menurut Aldila, selain pembagian keempat bibit pohon para mahasiswa juga memberikan penjelasan bagaimana cara menanam dan merawat dengan baik dan ikhlas. Acara ini juga berisi penyuluhan dan bincang-bincang dengan KPI berkaitan dengan pohon dan lingkungan hidup.  KPI juga menjelaskan bagaimana kondisi kerusakan lingkungan yang dikarenakan adanya penebangan hutan secara liar.(Kos/Buser Trans Online)

One thought on “Pembagian Pohon Kurang Mendapat Respon

    Lia said:
    17 Juni 2011 pukul 6:14 PM

    kurang respon? enggak kok, malah banyak yang nyari bibit pohonnya lagi besok besoknya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s