Kejati Sulteng Tetapkan Tersangka Korupsi KPU

Posted on Updated on

Kota Palu, Sulteng, Buser Trans Online,.

Akhirnya dugaan kasus korupsi pengadaan logistik komisi pemilihan umum Kab.Parigi Moutong ,tahun 2008 yang dilidik sejak tahun 2009,senin (25/04) tim penyidik kejaksaan tinggi (kejati) sulawesi tengah resmi menahan salah satu tersangka, mantan sekertaris panitia pengadaan barang dan jasa logistik KPU parigi moutong, Juanda Saehana selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) yang didampingi kuasa hukum Harus SH, setelah menjalani pemeriksaan oleh tim pidana khusus (pidsus) yang dipimpin oleh asisten tindak pidana khusus (aspidsus) H.abul Hanifa Rabuna SH, sekitar pukul: 18.00. Wita, ditetapkan sebagai tersangka dan langsung digelandang kerumah tahanan (RUTAN) Maesa Kota Palu Sulawesi Tengah.

Aspidsus kepada wartawan mengatakan, hasil penyelidikan yang dilakukan selama ini, ditemukan dugaan Mark up, pengadaan surat suara, kartu pemilih dan beberapa item lainnya, Djuanda memiliki keterkaitan erat dalam persoalan ini, “untuk tersangka diketahui telah merugikan negara sebesar 225 juta, ia harus mempertanggung jawabkan perbuatannya selaku KPA “ungkapnya.

Sementara itu dalam perkara ini penyidik juga menetapkan tersangka baru ber inisial (SA), awalnya ia hanya dipanggil sebagai saksi, namun tidak mengindahkan pemanggilan akhirnya statusnya dinaikkan menjadi tersangka, bahkan saat status dinaikkan SA belum pernah memenuhi panggilan jaksa,
“selain SA kami juga menemukan beberapa calon tersangka dari kalangan rekanan, namun hal ini masih dalam pengembangan penyidikan, mungkin setelah pengembangan selanjutnya, kami akan menyebutkan siapa nama rekanan tersebut,yang diduga melakukan unsur Mark up dalam pengadaan logistik KPUD parigi moutong tahun 2008″urai Abull.

Untuk diketahui pengadaan logistik itu terkuak, saat adanya amar putusan pengadilan tinggi (PT). SULTENG, dimana dalam amar putusan tersebut dikatakan bahwa pengadaan logistik KPU tidak sesuai KEPPRES No.80 tahun 2003. Saat itulah tim intelijen kejati melakukan, penyelidikan terhadap pengadaan logistik itu, sebab diketahui pengadaan itu tidak dilakukan proses lelang, namun penunjukan langsung oleh panitia dengan dalih adanya beberapa alasan yang dapat mengenyampingkan KEPRESS. (NURNAZ/Buser Trans Online)

Iklan

One thought on “Kejati Sulteng Tetapkan Tersangka Korupsi KPU

    Tukang Insinyur said:
    29 April 2011 pukul 7:22 AM

    Salam Hangat,

    Pagi Ceria,
    Senang bertemu dengan Blog yang hebat, semoga lebih banyak Manfaat.

    Salam Kenal Gan 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s