‘May Day’ Bupati Berbaur Dengan Buruh

Posted on Updated on

‘May Day’ unsur Muspida Sumedang tumpah ruah berbaur dengan para buruh melakukan jalan santai sepanjang 6 KM Star awal dan Finish di lokasi Mako Bromob Polda Jabar Cikeruh Jatinangor, terlihat Bupati Sumedang Don Murdono, Ketua DPRD Sumedang Yaya Widarya saat berjalan santai dengan para buruh.

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Berbagai kegiatan dengan menampilkan khas buruh yaitu membuat aksi ramai-ramai di jalan, namun kali ini justru pemandangan berbeda yang terjadi di Kabupaten Sumedang para buruh tersebut memperingatinya dengan melakukan kegiatan jalan santai diikuti para kaum buruh yang tergabung di seluruh Serikat Pekerja Nasional (SPN), SPSI dan OBTS GOBSI bertempat di Mako Bromob Polda Jabar Cikeruh Jatinangor Sumedang, Minggu (01/05).

Menurut Ketua panitia hari buruh se-Dunia Kab. Sumedang Dedi Kamaludin didampingi Sekretaris DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kab. Sumedang Dedi Rusniadi sebenarnya pihak buruh menginginkan perubahan paradigma yang biasanya buruh terkesan selalu melakukan aksi demo, namun kali ini paradigma tersebut dirubah dengan melakukan kegiatan jalan santai. Diharapkan Dedi untuk kedepanya kegiatan yang setiap tahun berjalan bisa lebih meriah lagi, namun sayang mereka mengeluhkan pembiasaan kegiatan justru malah lebih membengkak “sebelumnya kegiatan yang berlangsung dari segi anggaran akan semua di kaper kebutuhanya oleh Bupati Sumedang tapi pada kenyataanya tidak”ungkapnya.

Disinggung tentang perekrutan KTP bagi para peserta yang mengikuti kegiatan pihak panitia membantahnya jika ada kepentingan politik “untuk perekrutan Kartu Tanda Penduduk (KTP) setelah acara tentunya akan dibakar dan itu tidak ada kaitanya dengan politik”tegasnya. Masuknya KTP langsung saat pelaksanaan kegiatan jadi tidak direkrut sebelumnya atau disimpan dipanitia. Total hadiah yang disiapkan panitia bagi para peserta kegiatan jalan santai mencapai Rp. 40jt. Pelaksanaan kegiatan diantaranya pengobatan gratis, donor darah, partisipasi dalam penanaman pohon sebanyak  500 buah.

Dalam memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam bekerja sebanarnya diharapkan Pemerintah Daerah agar bisa mendorong kepada pemerintah pusat untuk mencabut UUD 13 Tahun 2003, tentang system kerja kontrak dan Outscorsing, sebab buruh sendiri semakin hari semakin terbatasi oleh aturan yang malah berpihak kepada pengusaha bukan kepada buruh, dan sejauh ini masih banyak pelanggaran dilakukan pengusaha yang memang tidak ada tindakan tegas dari pemerintah.

Dalam sambutanya Bupati Sumedang Don Murdon, acara yang dilaksanakan di hari buruh sedunia merupakan momen yang sangat penting, bahkan biasanya buruh berhadap-hadapan dalam menyampaikan aspirasinya, saat ini berbeda dengan biasanya sebab acara peringatan hari buruh dilaksanakan dengan cara persuasive dan bermusyawarah “segala sesuatunya bisa disampaikan dengan musyawarah seperti yang dilaksanakan saat ini, dengan mengadakn jalan santai” ujar Bupati.(Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s