Tahun 2000-2006 IKOPIN Alami Masa Krisis

Posted on Updated on

Rektor IKOPIN Rully Indrawan

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Bertempat di Kampus Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) Jatinangor Sumedang, IKOPIN adakan kegiatan acara Dies Natalis ke 29, Sabtu (07/05). Bersamaan dengan itu turut juga diresmikan Graha Suhardani dan laboratorium bahasa, seminar Nasional dan Internasional, pertandingan olah raga dan gerak jalan santai, pentas seni, peresmian IKOPIN press, pemberangkatan umroh bagi dosen dan karyawan.

Rektor IKOPIN Rully Indrawan disela acara kegiatan mengatakan bahwa berbicara revitalisasi semenjak orde baru tumbang ada beberapa program pada saat itu seperti Transmigrasi, Koperasi, PKK termasuk pertanian menjadi terabaikan sedangkan sebagian masyarakat kita sibuk dengan dunia politik.

Dikatakan dia, masalah gerakan koperasi saat ini masih sistimatis dan IKOPIN sendiri pernah mengalami pasang surut banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut dari tahun 2002 hingga 2006  IKOPIN berada pada titik yang memprihatinkan. Diantaranya adalah rezim politik serta masalah internal yang terjadi pada satu dasa warsa yang lalu, pada tahun 2007 koperasi mulai bangkit sebagai karya nyata “koperasi bisa membangkitkan perkembangan ekonomi bangsa dan Negara, berkaitan dengan itu semua tidak akan bisa lepas dengan pendidikan perkoperasian”ujarnya.

IKOPIN sendiri pernah mengalami masa krisis perkoperasian pada tahun 2006, namun seiring berjalanya waktu terus mengalami kemajuan, Menteri Koperasi sendiri secara khusus menaruh perhatian, dari jumlah mahasiswa mengalami peningkatan setiap tahunya dan pihaknya terus memperbaiki infrastuktur demi meningkatkan mutu pelayanan dalam bidang pendidikan perkoperasian diantaranya ada penambahan laboratorium, sarana dan prasarana lainya terus diperbaiki demikian juga dosen IKOPIN meneruskan program S3 dan menguruskan jabatan fungsional “mudah-mudahan IKOPIN kedepan menjadi sumber inspiransi bagi masyarakat di dalam mengembangkan koperasi”pungkasnya.

Dalam kesempatanya IKOPIN memberikan penghargaan kepada Undang Sarnudin, Prof. DR. Harun Al Rasid sebagai perwakilan dari kelompok kopertis, Syafik Umar dari pimpinan surat kabar harian di Jawa Barat, Andra A. Ludin, SE, Dr. Romelus Farfar Kadis Koperasi dan UKM Propinsi Maluku yang berjasa turut mengembangkan IKOPIN dalam proses revitalisasi. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s