ALI ASMAR GURUNYA IRWAN PRAYITNO

Posted on Updated on

Pelantikan sekdaprov

Buser Trans, Sumbar

Sekretaris daerah provinsi (sekdaporov) definitif, Ali Asmar, kemarin dilantik Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Pelantikan berlangsung secara hikmat dan dihadiri para kepala daerah se kabupaten/kota. Ada yang menarik dalam pelantikan tersebut. Gubernur mengakui Sekdaprov yang akan mendampinginya bersama wakilnya itu adalah guru gubernur semasa di SMA dulu.

“Pak Ali adalah guru saya saat sekolah di SMAN 3 Padang dulu. Beliau juga orang kampungnya Pak Wagub. Tapi terpilihnya Pak Ali, tetap melalui proses pemetaan potensi yang disesuaikan dengan aturan, dan ditetapkan melalui keputusan presiden,” kata Irwan dalam sambutannya usai pelantikan di auditorium gubernuran, Senin (2/5).

Meski Ali Asmar ditetapkan melalui Kepres, mantan Sekda Padang Panjang tersebut sebagai Sekdaprov definitif. Dijelaskan Irwan, pemilihan Sekdaprov tersebut tidak saja melibatkan pejabat di lingkungan provinsi, tapi ia juga meminta kepala daerah untuk mengirim sekdanya agar mengikuti uji kompetensi sebagai calon Sekda.

“Pak Ali adalah yang terbaik di antara yang baik, yang lainnya bukan tidak baik. Ibarat membeli jeruk, kita mesti memilih yang paling bagus,” ujar Irwan.

Menurutnya, Ali Asmar merupakan orang yang dibesarkan dalam dunia pendidikan, karena itu keberadaan Sekdaprov diharapkan mampu meningkatkan dunia pendidikan Sumbar. Apalagi saat ini pemerintah daerah sedang menerapkan pendidikan berkarter seperti disiplin dalam berbagai bidang.

Sebagai Sekdaprov, Ali Asmar, juga bertindak sebagai ketua Baperjakat, karena itu tugas berat yang mesti dilakukan diawal kepemimpinannya menuntaskan pengisian eselon III dan IV yang akan pensiun sebanyak 150 orang.

“Tugas awal Sekdaprov membantu kami dalam mengisi jabatan eselon III dan IV yang kosong. Karena pengisian tersebut mesti melalui pemetaan potensi, mengukur kinerja pejabat dan melihat latar belakangnya. Tidak hanya itu masih banyak yang lainnya. Sebab sekarang ini kami mencari pejabat yang memiliki potensi dan kemampuan dalam berabagai bidang,” papar Irwan.

Dikatakannya, tugas Sekdaprov sekarang tidak sama dengan yang dulu, ketika ada mutasi pengusulannya dilakukan oleh SKPD. Setelah selesai dibahas langsung diproses. Sekarang tidak, mutasi di lingkungan provinsi melalui proses yang panjang, mulai dari pengukuran kinerja, potensi diri, latar belakang pejabat bersangkutan dan lain sebagainya.

Selain itu tugas Sekdaprov definitif adalah menyusun anatomi APBD Sumbar 2011 untuk menetapkan RAPBD 2012 mendatang. Sebab Sekdaprov juga selaku ketua anggaran Pemda Sumbar. (Donny D. Osmond Sumatera Barat)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s