Mbalelo, Kader PDIP Dipecat

Posted on Updated on

KULONPROGO, Buser Trans OnLine

Jelang Pilkada Kulonprogo digelar, suhu politik di kandang banteng bermoncong putih terasa kian memanas. Tengoklah, lantaran dianggap berseberangan dengan garis partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut, lima pengurus PDIP Kulonprogo terancam dipecat.

     Kelima pengurus itu dianggap tidak mendukung pasangan calon bupati (cabup) dan wakil bupati (cabup) yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kulonprogo pada 19 Juni mendatang. Kelima kader itu justru mendukung cabup-cabup lain, yakni Suprapto yang diusung Partai Golkar.

     Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DIY Bambang Prastowo mengatakan kelima kader PDIP diberhentikan karena tidak mendukung cabup-cawabup Hasto Wardoyo dan Sutejo yang diusung secara resmi oleh PDIP. ”Karena itulah,kelimanya diberhentikan,”tandasnya dalam keterangan pers di Kantor DPD PDIP DIY Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta.

     Kelima kader PDIP yang diberhentikan itu adalah mantan Sekretaris DPC PDIP Kulonprogo Gutama Putra; Riok Sudaryo, Sutopo,dan Mudjiyono masing-masing merupakan mantan pengurus DPC; serta Rebin (mantan Ketua Ranting PDIP Tuksono). Surat pemberhentian kepada kelima kader tersebut segera dikirim ke DPP PDIP. ”Surat berisi agar DPP PDIP memecat mereka dari keanggotaan PDIP,”ujarnya.

     Anehnya, salah seorang kader yang dipecat, Riyo Sudariyo,mengaku sampai saat ini belum menerima surat pemecatan. Riyo Sudariyo mengaku mendapatkan surat dari DPD PDIP DIY. Dia diminta datang untuk dimintai klarifikasi terkait dukungan kepada pasangan calon lain dalam Pilkada Kulonprogo.

     Karena merasa tidak lagi pengurus, dia bersama beberapa orang lainnya tidak datang. Semestinya sebagai anggota biasa, yang memanggil adalah pengurus atau ketua di tingkat ranting. Bukan langsung diambil alih oleh DPD ataupun DPC. Riyo justru merasa prihatin dengan kebijakan partai yang sifatnya sepihak. ” Masalah pecat- memecat, itu urusan DPP, tetapi harusnya kita yang di bawah juga dikaruhke,”tandasnya via pesan pendek (SMS) tadi pagi (11/5). CHOL

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s