“Saung” Makam Keramat Situ Gede Roboh

Posted on Updated on

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kota Tasikmalaya, Buser Trans Online

Robonya saung makam Eyang prabu Dilayakusumah yang terletak di Situ Gede Kota Tasimalaya roboh, minggu (15/5). diketahui oleh kuncen makan keramat Herman (63), sempat menjadi perbicangan warga dengan bebagai cerita.

saat berkunjung bersama penjiarah, Herman menemukan bangunan makam sudah roboh, diperkirakan pagi, jelasnya, saat ditemui Buser Trans Online dilokasi Situ Gede.

Di tengah pulau terdapat 3 makam diantaranya Eyang Prabu Dilayakusuma, Eyang Sagolong dan makam Sekerwati sementara bangunan yang roboh berdiri di atas makam Eyang Prabu Dilayakusuma.

“ada kelainan robohnya bangunan itu, diantaranya tiang tiang bangunan tidak mengenai makan, namun, berada di sisi kiri dan kanan makam,” ungkap Herman yang mengku menjadi kuncen makan selam 15 tahun.

Penyebab robohnya bangunan secara pasti Herman kepada wartawan tidak menjelaskan secara pasti,”sore harinya hujan deras di daerah Situ Gede, mungkin selain kena air hujan, penyebablain adalah sudah lapuknya usia bangunan”.

Lebihlanjut Herman menuturkan, makam keramat sering dikunjungi pejiarah dari berbagai tempat, menurut sejarah yang ada Eyang Prabu Dilayakusuma masih keluarga Situ Cipanjalu Eyang Boros Ngora, hal ini pernah di ceritakan almarhum Abdurahman Wahid (Gusdur).

Guna memperbaiki makam kramat dirinya bersama unsur pemerintahan setempat akan membangun kembali,”sementara kami akan menggunakan biaya swadaya dulu, sebelum bantuan dari pemerintah ada”pungkasnya, yang diperkirakan menggunakan biaya 17 jt. (red/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s