Gong Terbesar Dunia Terdapat Di Ciamis

Posted on Updated on

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kab. Ciamis, Buser Trans Online

Gong Terbesar di dunia menjadi icon wisata Karang Kamulyan Kabupaten. Ciamis, peresmian Gong Terbesar pada tahun lalu, tepatnya tanggal 09 September 2009 jam 09:09, atas prakarsa pada waktu itu, Kapolwil priangan Kombes Drs. Anton Charlian,  M PK N.  dan Yoyo Tjuhaya. Dengan nama Monument Gong Perdamaian Dunia, (GPD).

Suartono penjaga tiket wisata Karang kamulyan, kepada wartawan Buser Trans Online menuturkan, tempat berdirinya gong terbesar banyak diabadikan oleh wisatan local dan mancanegara melalui kamera, karena  dianggap salah satu kebangaan bangsa Indonesia, khususnya warga Jawa – Barat.

Herlan (43), pengunjung yang dilokosi monumen mengatakan,”kebetulan kami lewat Ciamis dari panggandaran untuk sekedar makan siang di Karang Kamulyan, pas melihat gong besar kami ter tarik untuk mengabadikanya”jelasnya. Ia mengaku baru mengetahuinya, setelah mampir ke daerah Ciamis.

Gong yang berukuran 3,33 yang terbuat dari bahan perunggu dan plat besi. Pengerjaan gong di Yogya Jawa Tengah, dibawah pimpinan  DR. Djuyoto Suntani sebagai pencita gong perdamaian.

Ada yang unik dibalik gong tersimpan pusaka raja Galuh Prabu Kudalalean dan batu – batu Pancalikan, Batu Galuh dan  Prasasti Kawali. (red/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s