IKOPIN Banyak Membantu Ciptakan Manusia Handal

Posted on Updated on

 

Menteri Koperasi & UKM Syarif Hasan

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Dalam pengembangan perkoperasian di Indonesia , Ikopin merupakan salah satu pilarnyayang harus tumbuh sebagai  “center of excellent” dan mampu menyediakan sumber daya manusia yang benar-benarsesuia dengan yang diperlukan oleh gerakan koperasi dan pemerintah.

Disisi lain ikopin sendiri sangat ingi mempertahankan visi-nya sebagai perguruan tinggi terbaik dalam menyiapkan kader koperasi serta pengusaha tangguh dalam menghadapi persaingan global, Ikopin sendiri mendapatkan tantangan dengan menurunya citra koperasi, sehingga memerlukan kerja keras dari pengelola dan para pemangku kepentingan Ikopin.

Menurut Rektor IKOPIN Prof. DR. H. Rully Indrawan, M.Si saat membacakan sambutan pada acara Dies Natalis XXI dan Wisuda Magister, Sarjana dan ahli Madya Ikopin XXXVII, Sabtu (28/05), setelah menghadapi krisis ekonomi yang beruntun datang dalam sepuluh tahun terakhir, kopersi dan pelaku bisnis nasional lainya menghadapi kenyataan harus berhadapan dengan realita pasar bebas yang sebelumnya sempat terlupakan akibat agenda nasional yang begitu menyita waktu. Adalah ACFTA, lalu kemudian menyusul dalam waktu dekat AIFTA, serta kesepakatan pasar bebas regional lainya, membutuhkan kesiapan koperasi untuk memperkuat daya saing baik pasar local, regional, maupun Internasional apalagi pada tahun 2011 dicanagkan sebagai tahun Koperasi Internasional.

Pada tahun sekarang IKOPIN telah mewisuda sebanyak 190 orang yang terdiri dari 24 lulusan S2, 129 lulusan S1, 46 lulusan D3. Dengan adanya lulusan Ikopin ke 38 berarti akan menambah jumlah lulusan Ikopin sehingga secara keseluruhan jumlah lulusan menjadi 10.460 orang. Pihak Ikopin sendiri yakin dan percaya bahwa kontribusi para alumni Ikopin tersebut akan dapat memeberikan karya nyata bagi bangsa serta Negara.  

Sementara itu Menteri Koperasi dan UMKM DR Syarifuddin Hasan mengatakan bahwa sumber daya manusia yang paling penting adalah untuk meningkatkan kwalitas koperasi dari segi pendidikan, dan peran IKOPIN sangat banyak membatu dalam mencipatakan sumberdaya manusia sehingga bisa handal sampai saat ini.

Eksistenti dari pada IKOPIN terus berjalan dengan baik, selain itu DEKOPIN berperan sebagai pembina aktipitas perkoperasian jika IKOPIN harus tetap eksis tidak lepas peraserta DEKOPIN, sedangkan peran pemerintah melalui kementrian koperasi bisa langsung mengawasi, membina serta mengarahkan. Semua itu menjadi satu kesatuan, peran Pers juga sangat penting dalam  melihat tumbuh kembang kopersi “jangan yang jeleknya saja kopersi diangkat menjadi sumber berita, tapi yang bagusnya juga sangat penting”katanya.   

Menurut Ketua Dekopin Nurdin Halid dilihat dari segi kwantitas Koperasi sudah mengalami peningkatan yang cukup signipikan, tetapi dilihat dari sisi peran secara kwalitas dari sisi perekonomian  nasional masih tergolong rendah, sacara statistik peran koperasi sudah membuktikan bahwa 51% peran koperasi dan UKM di dalam PBD dari usaha peran koperasi sedangkan sisanya 49%  merupakan peran swasta dan badan usaha hanya 1% saja.

Dekopin sendiri memperjuangkan aspirasi gerakan koperasi untuk diberikan alokasi ekonomi secara luas seperti swasta, saat ini koperasi tidak mempunyai aset yang bisa dijaminkan ke Bank, sedangkan swasta sudah punya seperti Hak Guna Bangunan.

Koperasi sendiri tidak diperbolehkan jika belum memiliki aset atas nama kopersi, jika sudah punya bisa memudahkan untuk menjaminkan ke Bank jika membutuhkan dana tambahan.

“Koperasi sendiri jangan terpaku kepada permodalan dari anggotanya dan harus berkembang secara luas dan manfaatnya tentu bagi anggota itu sendiri, koperasi dari imeznya sangat kurang tetapi jika dibandingkan dengan peran swasta yang meminjam dana dari Bank tidak kurang terjadi kredit macet”tegasnya. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s