Tol Cisumdawu Belum Mengarah Kepada Jatinangor

Posted on

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Rencana pembangunan proyek tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) masih menyisakan permasalah dalam proses pembebasan tanah, diantaranya yang menyangkut tanah carik desa serta belum ada kesepakatan harga tanah yang berdasarkan kelas-kelas tanah dengan pemilik seperti di Kecamatan Pamulihan dan Kecamatan Sumedang Selatan, hal tersebut dikatakan Sekretaris Panitia Pembebasan Tanah Pembangunan (P2T) Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Drs. Endi Ruslan, Rabu (8/6).

Selain tanah carik desa, ada juga tanah milik masyarakat yang belum dibebaskan. Di antaranya di Desa Cigendel, Kec. Pamulihan, terdapat satu bidang tanah yang masih tertunda dalam pembebasannya. Selain itu, di Desa Ciptasari juga terdapat dua orang pemilik lahan yang belum memproses pembebasan hak atas tanah miliknya.
“Masih ada proses pembebasan tanah, khususnya tanah pemakaman umum, dan tanah berikut bangunan masjid. Tanah pemakaman merupakan tanah carik desa, sehingga dalam proses pembebasannya harus ada izin dari provinsi. Sedangkan pemerintah kabupaten hanya mengeluarkan rekomendasi,” katanya.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan panitia pembebasan lahan. Pertemuan tersebut di antaranya membahas tentang melakukan pengerjaan fisik dari mulai Desa Ciptasari, Kec. Pamulihan ke arah Sumedang. Yaitu melakukan pemasangan interchange, yang diperkirakan dimulai pada akhir 2011.

“Di Kec. Pamulihan ada sekitar lima lokasi yang belum dibebaskan. Kemudian yang menjadi inti persoalan masih tertundanya dalam proses pembebasan lahan, yaitu ada kendala dalam hal kelas tanah. Pemiliknya ingin ada kesamaan antara harga jual tanah kelas permukiman dengan kebun, karena letak kebun dengan permukiman berdekatan,” tambahnya.

“Dana yang dikeluarkan merupakan kas dari APBN, Kami sedang fokus ke sana, khususnya dalam pembebasan lahan.”tambahnya.

Sedangkan untuk sosialisasi di wilayah Kecamatan Jatinangor yang hingga saat ini belum mengarah kepada pembebasan tanah, tentunya sebelumnya harus ada pertemuan terlebih dahulu dengan panitia pembebasan lahan serta panitia pembangunan fisik. (Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s