Istri Mendagri Jadi Juri “Putri Nusantara”

Posted on Updated on

Istri Mentri Dalam Negeri Hj Vita Gamawan Fauzi (kedua dari kiri) di dampingi Rektor IPDN H. I Nyoman Sumaryadi (Kiri) seusai melakukan penjurian di Gedung Rudhini IPDN

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Dalam rangka memperingati puncak acara hari Kartini ke 132, istri Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Hj Vita Gamawan Fauzi hadir di lembaga Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Sumedang, kehadiranya selain menjadi Ibu Praja juga sebagai tim juri pinalis Putri Nusantara di lingkungan IPDN. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Graha Nusantara Balai Rudhini, Senin (13/06).

Para pinalis Putri Nusantara yang masuk tiga besar diantaranya kontingen asal Sumatra Barat Elpira Mulandari, Sumatra Utara Rizki Wulandari, dan Jawa Timur Elo Mupidatul Tarbiyah, sebelum diputuskan oleh tim juri siapa yang menjadi juara mereka di berikan beberapa pertanyaan serta wawasan sekitar nusantara.

Rizki Wulandari praja IPDN asal Sumatera Utara akhirnya keluar sebagai juara I dalam pemilihan putri nusantara yang ke 20 mengalahkan para pesaingnya Elpira Mulandari praja asal Sumatera Barat dan Elo Mupidatul Tarbiyah praja asal Jawa Timur, dalam penampilanya para pinalis diwajibkan memakai baju adat daerahnya masing-masing.

Juara III Elo Mupidatul Tarbiyah yang pernah menjadi duta wisata dari daerahnya di Kabupaten Blitar dan inggin melanjutkan minat dan bakat dibidang pemilihan putri nusantara, sebab dari awal dirinya sudah mengikuti lomba putri nusantara sebagai perwakilan dari Jawa Timur sebelum masuk IPDN.

“Disini tidak berloma secara saingan, namun para peserta bersatu sebagai perwakilan dari daerahnya masing-masing”terangnya.

Ditambahkan Elo, dalam lingkup IPDN dirinya lebih mengetahui wawasan nusantara bagaimana karakter-karakter setiap daerah dari sabang sampai merauke. Selain itu bagaimana ciri khas tiap daerah, kehidupan sehari-hari tiap daerah, serta cara pemerintahanya kiat mengetahui potensi setiap daerahnya sendiri.

Praja IPDN mempunyai berbagai potensi mulai dalam perlombaan yang menuntut kreatipitas praja termasuk juga pada kegiatan pemilihan Putri Nusantara dengan konsep yang berbeda pada perayaan Kartini di tahun 2011, hal tersebut dikatakan Istri Mendagri Hj Vita Gamawan Fauzi saat memberikan sambutan.

Ditambahkan dia, banyak wanita yang sukses hanya di salah satu bidang saja, namun demikian wanita praja sebagai kader aparatur pemerintahan di tuntut untuk bisa membagi waktu antara keluarga serta karir yang digelutinya. (Kos/Buser Trans Online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s