SETELAH WAKO GILIRAN SEKDAKO DI TAHAN KEJARI

Posted on

Sumatera Barat, Buser Trans Online

Pamong senior berpengalaman yang merupakan mantan Sekretaris Daerah Kota (sekdako) Bukittinggi, Khairul ditahan Kejaksaan Tinggi  (Kejati) Sumbar Rabu (22/6), karena terlilit pengadaan tanah untuk pemerintah di Bukittinggi, Khairul akan menemani mantan atasannya, Djufri di Rutan Muara Padang.

Pada saat itu Djufri menjabat Walikota dan Khairul sebagai Sekda. Kasus yang menjerat Djufri dan Khairul ini berawal dari 2007 lalu. Saat itu Pemko Bukittinggi membeli tanah di Manggih Gantiang untuk lokasi pembangunan gedung DPRD dan untuk lokasi terminal truk pendamping terminal bus Simpang Aur.
Atas proses jual beli tanah tersebut, Kejari Bukittinggi mendakwa pejabat Pemko Bukittinggi melakukan mark up (penggelembungan harga) ganti rugi tanah. Djufri sendiri sudah ditahan sejak 8 Juni silam, Mantan Sekdako Bukittinggi itu dibawa dengan mobil tahanan BA 8070 A ke Rutan Muara, Padang dari Kantor Kejati Sumbar di Jalan Pancasila 16, Rabu (22/6) sekitar pukul 17.25 WIB.

Khairul ditahan berdasarkan surat perintah penahanan Nomor: Print-329/N.3/Fd.1/06/2011 tanggal 22 Juni 2011 yang ditandatangani Kajati Sumbar, Fahmi.
Khairul sebelumnya tiba di Kejati Sumbar sekitar pukul 09.00 WIB didampingi penasihat hukumnya, Iskandar Khalil. Tidak lama kemudian Khairul diperiksa jaksa penyidik Ronalwin dan Idial. Pemeriksaan berakhir sekitar pukul 16.15 WIB. Selama pemeriksaan Khairul dicecar dengan 42 pertanyaan. Setelah dinyatakan ditahan, Kejati mempersiapkan surat-suratnya dan Khairul baru dibawa ke Rutan Muara sekitar pukul 17.25 WIB.

“Penahanan Khairul untuk mempermudah proses penyidikan kasus ini di samping alasan subjektif yang ada pada jaksa penyidik,” kata Kajati Sumbar, Fahmi kepada wartawan Baik untuk berkas mantan Walikota Bukittinggi, Djufri maupun untuk berkas Khairul, Kajati berjanji sesegera mungkin akan memproses, sehingga kasus tersebut dalam waktu dekat dapat dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Padang. (Donny D. Osmond).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s