Pilkades Cinanjung, Warga Komplek Perumahan Terkesan Acuh

Posted on Updated on

Tiga calon Kades Cinanjung terlihat tegang ketika berada di panggung pemilihan


Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Pemilihan Kepala Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Sumedang di gelar hari ini, Minggu (03/07) untuk periode 2011-2017 ini Panitia menjaring tiga orang calon, dan setelah disepakati untuk nomor urut 1.Yaya Miharja, 2.  R.Nurdiono dan 3. Iwan Ruhiat. Tercatat sekitar 6609 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di 16 dusun, dengan pemilih tambahan sebanyak 360 orang.

Untuk memperlancar jalanya Pilkades, panitia menyediakan 20 unit kendaraan jenis angkot dan minibus bagi warga yang akan memberikan hak pilihnya sebab untuk menuju tempat pemilihan yang berlokasi di kantor Desa Cinanjung tidak ada kendaraan umum selain ojeg, hal tersebut dikatakan Ketua panitia Pilkades Cucum Karyana saat ditemui Kantor Desa Cinanjung,

“Memang sudah tradisi kendaraan tersebut disediakan panitia, mengingat untuk menuju tempat pemungutan tidak ada angkutan mobil yang langsung sampai”ujarnya.

“DPT yang terdaftar 6609 orang dari keseluruhan 16 dusun, dan 2 diantaranya merupakan Komplek Perumahan, karena wilayahnya sangat luas diharapkan dengan adanya angkutan ini dapat mempermudah transportasi pemilih,”tambahnya.

Sedangkan untuk batas akhir waktu pemilihan hingga pukul 16.00 wib, kendati pada jam 14.30 pemilih yang menggunakan hak pilihnya baru 3000 orang tetapi dirinya yakin setidaknya 80 persen DPT akan datang menggunakan hak pilihnya.

” Memang dari 16 Dusun, terdapat dua RW yang masuk ke dalam perumahan atau komplek, yakni perumahan Panorama dan Griya, dan dari pengalaman pilkades sebelumnya warga komplek terkesan kurang antusias dengan Pilkades,” pungkasnya.

Kendati demikian, walaupun misalnya Dua RW tersebut tidak menggunakan hak pilihnya pada batas waktu yang telah ditentukan, maka sesuai perdes yang telah dibuat hasil suara tetap sah.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa (Apdesi) Kabupaten Sumedang Warson Mawardie S.Ag MM, membenarkan hak pilih Desa Cinanjung yang beragam, selain warga pemukiman masyarakat di wilayah ini juga terdapat komplek perumahan yang terkesan acuh terhadap pilkades.

“Desa Cinanjung memang memiliki karakter masyarakat yang heterogen, tetapi ini tak menghambat Pilkades, jikapun ada yang tidak menggunakan hak pilihnya hanya minoritas saja,” pungkasnya. (Kos/Buser Trans Online)  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s