Perijinan PT. Missori Akan Dikaji Ulang

Posted on Updated on

Rombongan Komisi D DPRD Sumedang didampingi Muspika Kecamatan Cimanggung saat menyidak PT. Missori

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Bertempat di rumah dinas Camat Kecamatan Cimanggung yang dijadikan tempat musyawarah antara pihak PT. Missori dengan anggota Dewan dari Komisi D DPRD Sumedang serta Muspika setempat, musyawarah tersebut berkaitan dengan proyek pembangunan pembibitan ayam peternak yang berlokasi di Kp. Cibenda Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung Sumedang, Rabu (13/07). 

Menurut Ketua Komisi D DPRD Kab. Sumedang Dadang Romansyah pihaknya sudah mendapatkan penjelasan langsung tentang plening pembangunan diwilayang Cimanggung  yang akan dilakukan oleh PT. Missori, namun apa yang disampaikan pihak perusahaan belum begitu jelas dan masih banyak pertanyaan diantaranya luas lahan yang dibuka merubah bentang alamnya dan di buka semua.

Ditambahkan dia, lahan tersebut menjadi rusak padahal tanah yang akan di gunakan dari luas tanah 43 hektare hanya 6 hektare saja yang di pakai untuk kandang ayam “kenapa lahan yang lainya tidak dibiarkan saja agar tetap hijau, kan yang di pakai hanya 6 hektare”ujarnya.

Diakuinya pihak PT. Missori berjanji akan menata kembali tanah tersebut untuk dihijaukan kembali serta diakuinya bahwa pohon-pohon yang ada sebelumnya bukan perusahaan yang menebangnya.

Terkait pekerjaan pembukaan lahan yang dilakukan masih ada kekurangan run-off akan lebih besar sementara aliran untuk air terlalu kecil dengan demikian nantinya jika ada hujan besar tidak bisa menampung air, secara teknik perlu adanya rekayasa ke arah tersebut serta kemiringan tanah ada sekitar 45 derajat.

Pihaknya sendiri sangat menyayangkan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kab. Sumedang telah mengeluarkan UPL UKL dan perlu adanya peninjaun kembali atas dikeluarkanya UPL UKL “nantinya akan di kaji lagi apakah perlu ditingkatkan menjadi Amdal, pada intinya siapapun investor yang masuk wilayah sumedang secara prosedural harus ditempuh perijinanya, kebijakan yang diberikan pemerintah kepada investor harus melihat dampak lingkunganya, yang terkena dampak tentunya masyarakat yang ada di sekitar perusahaan,”pungkasnya. 

Sedangkan dari Badan Lingkungan Hidup yang diwakili Kasubdin Amdal LH, U.Gandhi, EFF secara legal aspek harus sudah ada keluar dokumen, secara normatifnya aturanya harus sudah diikuti tetapi di dalam perjalananya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki diantaranya UPL UKL serta dokumen lainya, pihaknya sendiri tidak melihat dukumen yang dimiliki PT. Missori secara keseluruhan.

Diterangkanya bahwa, UPL UKL merupakan respon dari masyarakat jadi perusahan tersebut hanya cukup rekomendasi dari masyarakat saja dan tidak perlu Amdal. Dengan demikian perusahaan harus sudah siap dan bentuk saluran air untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan “saya yakin jika mengikuti ketentuan yang sudah ada, itu akan bisa mengatisipasi jika nantinya timbul permasalahan”ujarnya.

Sementara itu PT. Missori yang di wakili bagian teknisi Edi mengatakan bahwa saat bertemu dengan wakil rakyat serta Muspika Cimanggung disampaikan bahwa jika memang ada keselahan prosedur perijinan pihaknya di minta untuk mengkaji ulang, jika ada kesalahan tentunya akan dikoreksi kembali “untuk UPL UKL sudah terbit serta akan di utamakan dari 36 hektare tanah 80%nya akan dihijaukan, saat ini kami sedang tahap penataan dalam jeda waktu dua bulan akan segera beralih ke tahap penghijauan”ungkapnya.

Perusahaan PT. Missori merupakan usaha di bidang pembibitan ayam sedangkan perusahaanya di Sumedang sudah ada 3 tempat diantaranya di daerah Kecamatan Rancakalong, Tanjungsari  serta yang masih kotropersi Cimanggung. Pihaknya sendiri dalam hal pembukaan lahan sebelumnya sudah meminta ijin serta proses awal kepada pemerintah daerah. (Kos/Buser Trans Online)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s