Proyek Tol Cisumdawu Resahkan Warga

Posted on

Ruyani Sekretaris Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor

Kab. Sumedang, Buser Trans Online,.

Belum pastinya pembebasan tanah untuk proyek pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang- Dawuan) di daerah Jatinangor membuat sebagian warga terus mempertanyakan hal tersebut, pasalnya dalam pengakuan salah satu warga desa Cibeusi bernama Sunarto (50) bahwa rencana proyek tersebut sudah berjalan sejak tahun 2009, namun pada kenyataanya hingga saat ini pembangunan tersebut belum jelas.

“Kalau dari hitung-hitungan materi saya rugi, sebab tanah saya yang tadinya mau bangun kontrakan untuk bisnis sewaan jadi batal, takutnya setelah dibangun malah ada pembebasan tanah buat bangun jalan tol”ungkapnya saat di hubungi lewat telepon.

Ditambahkan dia, sejauh ini dirinya terus mencari informasi terkait rencana tol tersebut hingga terus memantau perkembanganya baik lewat media maupun menanyakan langsung ke pihak desa setempat kapan pastinya proyek tol tersebut akan dilaksanakan terutama masalah pembebasan tanahnya, padahal tanah tersebut akan di gunakan untuk bisnis kontrakan sehingga membuatnya rugi sebab sudah tiga tahun bisnisnya terbengkalai karena khawatir sewaktu disewakan malah tanahnya di pakai proyek tol.

Sementara itu Sekretaris Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Ruyani saat dikonfirmasi terkait pembesan tanah warga untuk proyek Tol, diakuinya saat ini pihak desa sudah komunikasi dengan pemilik tanah masing-masing, informasi terakhir tentang Tol Cisumdawu tahun 2011 ini akan ada pembebasan tanah warga yang dilintasi proyek tol.

Menurutnya dari data informasi yang ada untuk pembebasan tanah yang melintasi wilayahnya ada 5 RW diantaranya RW 1, 2, 7, 8 dan 11 dari 12 RW yang ada di Desa Cibeusi itupun sesuai patok yang ada dari pengukuran awal yang ada di lokasi di 5 RW tersebut, “kalau melihat luas tanah yang ada kami belum tahu pasti yang ada di 5 RW tersebut sebab belum ada pengukuran lagi, namun masyarakat yang kebetulan tanahnya akan di bebaskan justru mereka terus menerus menanyakanya” ujarnya.

Diakuinya, kondisi masyarakat saat ini terus mencari informasi terkait pembebasan tanah, sementara masyarakat balum mendapat kepastian. Masyarakat saat ini terbebani dengan pinjaman uang dengan jaminanya tanah yang akan di bebaskan untuk tol Cisumdawu. “Masyarakat merasa jadi korban oleh rencana proyek tol, sedangkan untuk harga tanah sebenarnya warga belum pernah memunculkan angka harga penawaran”pungkasnya. (Kos/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s