Sidang Gugatan LSM FKMT Lawan Walikota Tasikmalaya

Posted on Updated on

Dani Safari Effendi Ketua Umum LSM FKMT sedang mengikuti sidang lanjutan gugatan kepada Walikota Tasikmalaya.

Kota Tasikmlaya, Buser Trans Online

Sidang digelar, selasa 17/7, dipengadilan Negrei Tasikmalaya Jln. Raya Siliwangi mengenai pasal pencemaran  nama baik oleh pemkot kepada LSM FMKT  dimulai 10 wib. Di hadiri para anggota LSM FMKT suasana sidang dijaga ketat satuan Dalamas Polresta Tasikmalaya.

Perkara ini timbul berawal dari Iing ridwan (50), pengurus pengawas pesantren Kudang Yayasan AS-Syuja,  yang beralamat di Gudag pesantren  Rt01/04 Kota Tasikmalaya, pada bulan april 2009 membuat proposal untuk rehab pesantren kepada provinsi melalui pemkot Tasikmalaya, sejak proposal dikirim tak kunjung terealisasi proposal tersebut.

Akhirnya Iing  menyempaikan keluhan kepada Dani safari  (35) yang kebetulan sebagai ketua umum LSM FMKT, atas bantuan LSM berkoordinasi dengan pemkot, kemudian dana tersebut terealisasi sebesar 8 jt sesuai dengan ajauan proposal pada bulan Nopember 2010.

Padahal, pelapor sudah berusaha menanyakan beberapa kali kepada pemkot  melalui  Nasihin, waktu itu mewakili Kabag kersra tetapi nihil. berkat bantuan LSM FMKT kemudian proposal direalisasir Dan di buatlah LPJ  pada tahun 2011, inilah yang menjadi permasalahan, padahal anggaran yang turun pada tahun 2010.

Iing di hadapan hakim mengakui sebelum dana turun dari pemkot, tidak pernah ada surpai ke pesantrennya “jadi dana itu turun dengan sendirinya, tanpa melalui surpai dulu” jelasnya.

Kemudian permasalahan SPJ serta proses pengucuran dana menjadi berkembang, yang akhirnya, Iin bersama seluruh penerima bantuan pemerintah di kumpulkan di kantor wali kota Tasikmalaya sebanyak 99 penerima bantuan, sempat hadir walikota Tasikmalaya H. Syarif Hidayat, saat itu hanya menyampaiakan beberapa kata saat pertemuanya “saya tidak tahu menahu permasalahan tersebut” jelas  Iing menirukan ucapan walikota Tasikmalaya.

Kantor LSM FKMT Sempat akan di bakar Masa

Dalam persidangan terungkap bahwa memanasnya antara LSM FMKT dengan Pemkot Tasikmalaya, ada kejadian diluar dugaan, sekitar bulan November kantor LSM FMKT disatroni masa yang mengaku dari beberapa pesantren di kota tasik dan mengancam akan membakar kantor LSM FMKT, hal ini di picu isu bahwa LSM FMKT menghambat proses pengucuran dana untuk abantuan kepada pesantren.

Demo tersebut LSM FMKT menuding pihak pemkotlah yang menadu domba dirinya dengan pihak pesantren, pihak pesantren di provokasi semalaui surat edaran no 005/186/kesra/2011, tertanggal 7 pebruari 2011 yang ditanda tangani sekda kota Tasikmalaya. jelas Dani tanpa menjelaskan isi surat tersebut.

Setelah di jelaskan bahwa LSM FMKT justru membantu pesantren mempercepat bantuan dari pemerintah yang lamban menangani permasalahan proposal, akhirnya masapun memahami dan membubarkan diri.

Dari kejadian di atas kini LSM FMKT menggugat waklikota Tasikmalaya atas pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan.

Dani safari Ketua umum LSM FMKT dalam persidanga hari ini didampingi 7 orang pengacara yaitu, Jeni S.H M.H, Ahdar S.H, Ai Kusmiati S.H, M.H , Dian Rusdina S.H, Dadang Herpin S.H, HM Mayjen syamsu Djalal, S.H MH, Team YlBhi dan PBHI. (nurdin Senjaya/Buser Trans Online/Kompasiana.com)

2 thoughts on “Sidang Gugatan LSM FKMT Lawan Walikota Tasikmalaya

    regan said:
    9 Agustus 2011 pukul 9:33 AM

    LSM yg ada sekarang bukannya untuk mengontrol kinerja aparatur negara melainkan disalah gunakan oleh oknum2 LSM tersebut untuk memeras

    Suka

    regan said:
    9 Agustus 2011 pukul 9:40 AM

    LSM seharusnya lembaga yg punya hati nurani dan bersih jangan malah digunakan atau diperalat oleh orang2 ga bener

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s